Menu

8 Kursi DPR RI Dapil Madura; PKB & Nasdem Potensi 2 Kursi. Parpol Lain…..?

  Dibaca : 524 kali
8 Kursi DPR RI Dapil Madura; PKB & Nasdem Potensi 2 Kursi. Parpol Lain…..?
Ilustrasi
Link Banner

matamaduranews.com-MADURA-Peta suara Pileg 2019 untuk kursi DPR RI dari Dapil XI (Madura) mulai terbaca.

Berdasar DCS (Daftar Calon Sementara) yang dikeluarkan KPU RI, terdapat beberapa komposisi nama Calon Legislatif (Caleg) di setiap Parpol yang berpotensi suara maksimal.

Hasil penelusuran matamaduranews.com,  DCS PKB dan Nasdem tergolong potensi suara maksimal untuk raih dua kursi. Sebab, komposisi DCS di PKB dan Nasdem terdiri dari beberapa figur yang pernah duduk di DPR RI dan DPR Provinsi.

Seperti, DCS PKB, ada nama Syafiuddin Asmoro, incumbent DPR Provinsi Jatim asal Bangkalan. Di Pileg 2014, dia meraih suara hampir 200 ribu. Begitu juga figur asal Sumenep, KH Unais Ali Hisyam yang saat ini anggota DPR RI. Ditambah, Zaini Rahman, mantan anggota DPR RI, putra Kangean. Serta Lukman Hakim (Sampang) dan Marzuki (Pamekasan).

Sedangkan Nasdem menampilkan tiga figur yang pernah duduk di DPR RI dalam Pileg 2014 melalui partai berbeda.

Seperti, KH Kholilurrahman. Dalam Pileg 2014, Kiai Kholil maju lewat PKB di DPR RI dengan raihan suara di atas 100 ribu. Di Pileg 2019, mantan Bupati Pamekasan 1998-2013 ini, milih nyaleg lewat Nasdem.

Begitupun Farid Al-Fauzi. Di Pileg 2014, dia terpilih di DPR RI lewat Hanura. Pada Pileg 2019, mantan Cabup Bangkalan ini maju lewat Nasdem.

Sedangkan KH Jakfar Shodiq saat ini duduk di DPR RI lewat Nasdem. Politisi asal Sampang ini, sebelum Pileg 2014, dia menjabat anggota DPR Provinsi Jatim dari PKB berturut-turut hingga duduk di Ketua DPRD Provinsi Jatim.

Bagaimana peluang Parpol selain di atas? Dari 8 kursi DPR RI dari Dapil Madura, potensi kursi juga bakal diraih Gerindra karena ada Imron Amin Imron (adik Fuad Amin, Bangkalan) dan Nizar Zahro, anggota DPR RI asal Bangkalan yang meraih suara di atas 150 ribu.

Said Abdullah, incumbent PDI-P juga berpotensi terpilih karena bakal dibantu dengan Caleg perempuan asal Bangkalan; putri Fuad Amin.

Dari Golkar ada Zainuddin Amali (incumbent). Demokrat ada Yus Sudarso (incumbent), Hadi Sumitro (Sampang) dan Hasani bin Zubaer (Bangkalan). Sementara, PPP ada Achmad Baidawi (incumbent) dan Eric Hermawan (Bangkalan)

Hambali Rasidi, Mata Madura

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional