Achmad Yunus; Ketua FSP BUMN yang Bakal Nyalon Bupati Sumenep

×

Achmad Yunus; Ketua FSP BUMN yang Bakal Nyalon Bupati Sumenep

Sebarkan artikel ini
Achmad Yunus Bacabup
Achmad Yunus; Bacabup Sumenep

matamaduranews.comSUMENEP-Achmad Yunus, usia boleh belia. Tapi, jam terbang ngelola BUMN sudah tak diragukan. Sejak 2010 sudah menjadi Ketua Serikat Pekerja Perum Jasa Tirta I, salah satu BUMN yang ngurus bendungan sungai.

Baru, di tahun 2018, Yunus terpilih Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja (FSP) Sinergi BUMN.  FSP BUMN adalah sebuah organisasi gabungan serikat pekerja BUMN. Organisasi ini merupakan wadah perjuangan para karyawan Perusahaan BUMN yang berdiri, sejak 10 Juni 1999.

Achmad Yunus, putra pasangan Nurhayati (alm) dan Turmidzi Adfa. Ayah Yunus sudah tak asing sebagai politisi gaek  Sumenep yang berdarah NU. Kakek Buyut Yunus di Kebunagong, Sumenep, juga banyak mafhum. Seperti Kiai Jakfar, Kebonagung. Keluarga besarnya berdarah NU yang sudah tak diragukan lagi komitmen perjuangan terhadap NU.

Achmad Yunus lahir di Sumenep, 7 April 1984. Sejak duduk bangku SMA I Sumenep tahun 2000, Yunus sudah dinobatkan sebagai Ketua Osis. Kegiatan ekstra, Yunus akti di IPNU, organisasi kepemudaan NU. Pilihan IPNU, Yunus ingin meneruskan jejak sang ayah Turmidzi, saat muda yang juga aktif di IPNU Sumenep.

Melanjutkan kuliah ke Unair, Yunus mengambil jurusan Hukum. Dari kampus Unair itu, Yunus berteman banyak aktivis. Hingga mengantarkan Yunus ke Gedung Mahkamah Konsitusi (MK), Jakarta sebagai asisten Hakim MK, Dr. Harjono, S.H., MCL, pada tahun 2006.

Sekian tahun sebagai asisten Hakim Harjono, Yunus mendapat sejumlah tawaran untuk menapaki karir. Pada tahun 2007, Yunus memilih menjadi karyawan BUMN. Perum Jasa Tirta I menjadi pilihan Yunus.

Saat menjadi karyawan itu, para koleganya mempercayakan Yunus untuk menahkodai Serikat Pekerja Jasa Tirta sejak 2010 hingga 2016. Lalu pada tahun 2018, Yunus terpilih sebagai Wakil Ketum FSP Sinergi BUMN. Sebuah lembaga kajian dari 37 serikat pekerja di lingkungan BUMN.

Achmad Yunus Bacabup Sumenep
Achmad Yunus dalam satu kegiatan FSP bersama Said Didu dan Refly Harun

Yunus terpanggil nyalon bupati di Pilkada Sumenep 2020 atas panggilan nurani untuk berbakti di tanah kelahirannya. Selain dorongan para koleganya di sejumlah BUMN.

Yunus menyadari soal high cost politik di Pilkada. “Soal kesiapan anggaran kampanye sudah siap 80%. Sekarang hanya memikirkan elektabilitas dan melobi parpol sebagai kendaraan di Pilkada nanti,” jelas Yunus saat berbincang santai dengan Mata Madura, Sabtu sore (3/8/2019) di Café Upnormal.

Yunus berjanji jika terpilih sebagai Bupati Sumenep, akan membuat APBD Sumenep yang berparadigma. “Tiap tahun, keperuntukan APBD jelas untuk apa. Misal, tahun pertama soal kemiskinan, ya harus tuntas anggaran untuk mengentaskan kemiskinan. Jadi, tahun berikutnya, APBD jangan berpikir lagi soal kemiskinan. Tahun kedua, keperuntukan APBD untuk program unggulan yang lain,” papar Yunus.

Yunus ingin mengusung konsep kepemimpinan Sumenep Inovasi Progresif. Yaitu, lompatan kinerja sebagaimana kinerja inovasi progresif yang diterapkan BUMN dalam membangun negeri.

Hambali Rasidi

KPU Bangkalan