Menu

Akhirnya, Kajari Bangkalan Tetapkan Dua Tersangka Kasus Kambing Etawa

Akhirnya, Kajari Bangkalan Tetapkan Dua Tersangka Kasus Kambing Etawa
Dua Tersangka Pengadaan Kambing Etawa dijebloskan tahanan oleh Kajari Bangkalan (matamadura.hasin)
Link Banner

matamaduranews.com-BANGKALAN-Setelah lama diprotes oleh para aktivis Bangkalan, Kepala Kejaksaan (Kajari) Bangkalan, Badrud Tamam, akhirnya menetapkan dua rang tersangka kasus dugaan korupsi kambing etawa tahun anggaran 2017, pada hari Jum’at (2/8/2019).

Kedua tesangka yaitu Mulyanto Dahlan mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan Samsul Arifin Kepala Badan  Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bangkalan.

Link Banner

“Tersangka terlibat dalam penyelewengan dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) pengadaan kambing etawa tahun anggaran 2017. Dengan kerugian keuangan negara mencapai Rp 9 miliar,” terang Badrud Tamam, kepada sejumlah media.

Dijelaskan, penetapan tersangaka berdasarkan alat bukti yang sangat cukup dan layak ditetapkan sebagai tersangka.

Sebelumnya, dikatakan Badrud, kedua tersangka dipanggil sebagai saksi dan setelah mendengar penjelasan dari tim penyidik langsung melakukan rapat dan menetapkan tersangka.

“Sebelumya kami meminta keterangan tersangka sebagai saksi, sekitar pukul 09.00 WIB (Pagi) dan tim penyidik hari ini juga menetapkan sebagai tersangka,” tambahnya.

Diketahui, pengadaan kambing etawa merupakan program BPKAD dan DPMD Kabupaten Bangkalan tahun 2017. Dalam realisasinya, program tersebut sarat dengan kejanggalan dan penyelewengan anggaran.

Program tersebut merupakan program bantuan lima ekor kambing etawa untuk dikembangkan oleh BUMDES di seluruh desa di Bangkalan dengan total nilai program sebesar Rp 9,2 miliar. Sumber dananya dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari APBD Kabupaten dan yang bersumber dari Dana Desa.

“Atas perbuatannya, Mulyanto dan Samsul melanggar Pasal 2 dan Pasal 3 UU tipikor dengan acaman hukuman 20 tahun penjara,” tutupnya pada media.

Hasin, Mata Bangkalan

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Catatan

Opini dan Resensi

Fans Page

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional