Menu

Akreditasi Puskesmas Rubaru, Raih Nilai Tingkat Madya

  Dibaca : 239 kali
Akreditasi Puskesmas Rubaru, Raih Nilai Tingkat Madya
TASYAKURAN: Suasana Tasyakuran dan Peringatan Maulid Nabi Puskesmas Rubaru, Sumenep. (Foto Yudik Mata Madura)
Link Banner

MataMaduraNews.comSUMENEP-Merombak tatanan sistem manajemen untuk menghasilkan suatu perubahan yang lebih sempurna memanglah tak semudah membalikkan tangan. Namun berkat kegigihan, kerja sama, serta ide cemerlang Kepala Puskesmas Rubaru, Sumenep, Isdianto, sejak 2016 lalu, kini berbuah keberhasilan.

Kategori tingkat Madya dari hasil survei Tim Penilai Akreditasi pada September 2017 lalu, resmi diraih Puskesmas Rubaru di tanggal 10 Januari 2018 kemarin. Hal tersebut berdasarkan Keputusan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

”Penilaian akreditasi meliputi 3 pokok utama kriteria. Yaitu,  Bidang Administrasi, UKM, dan UKP. Semuanya terdiri dari 776 indikator yang dinilai,” kata Isdianto, 16 Januari lalu.

Puskesmas Rubaru kini memiliki 1 dokter dibantu 20 perawat dengan fasilitas 2 ruang rawat inap. Dari bidang kelayakan, Isdianto menyebut memang butuh pengembangan, baik dari tenaga medis maupun fasilitas, serta sarana prasarananya. Di antaranya, masih butuh pengembangan ruang rawat inap, ruang laboratorium, dan penambahan tenaga dokter minimal 2 orang untuk mencapai target nilai akreditasi kategori Utama.

Kepala Puskesmas Rubaru, Isdianto, S.K.M memberikan santunan kepada 10 anak yatim. (Foto Yudik Mata Madura)

”Kunci keberhasilan kami adalah selalu memperhatikan 3 pokok utama tersebut, yaitu Administrasi, UKM dan UKP. Terutama UKM (Unit Kesehatan Masyarakat), karena pada dasarnya puskesmas bukan tempat pelayanan pengobatan, tetapi merupakan tempat untuk tindakan pencegahan dan promotif. Alhamdulillah, saya bersyukur atas peraihan ini,” tutur Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.K.M) itu.

Sebagai bentuk rasa syukur, pada Selasa 16 Januari kemarin digelar acara Tasyakuran dan Santunan kepada 10 anak yatim, sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di kantor puskesmas setempat. Hadir waktu itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Jajaran Forpimcam Rubaru, dan Habib Muchsin sebagai penceramah, serta seluruh staf dan tenaga medis Puskesmas Rubaru.

Di sela acara, Kadis Kesehatan dokter Fatoni memberikan sedikit sambutan. Ia mengajak masyarakat mengiplementasikan sikap positif Rasulullah dalam melakukan tugas dan kewajiban melayani masyarakat. Di antaranya, bersikap ramah, disiplin dalam bertugas, serta bertanggung jawab terhadap pekerjaan.

| yudik/*

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional