Akreditasi Rumah Sakit, Sarana Evaluasi Kinerja RSUD dr Moh. Anwar

Saat pembukaan Akreditasi RSUD Moh. Anwar (foto for Mata Madura)
Saat pembukaan Akreditasi RSUD Moh. Anwar
(foto for Mata Madura)

MataMaduraNews.comSUMENEP-Upaya perbaikan mutu layanan RSUD dr Moh. Anwar terus dilakukan. Selasa (28/02/2017) Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) menggelar Survei Akreditasi terhadap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep,  bertempat diruang pertemuan RSUD.

Sekda Sumenep, Hadi Soetarto didampingi Tim Komisi Administrasi dari Jakarta dan Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep,  H Fitril Akbar, M.Kes, ikut membuka penilaian terhadap RSUD dr Moh. Anwar.

Dalam sambutannya, Sekda Soetarto menyampaikan bahwa penilaian akreditasi rumah sakit milik Pemkab Sumenep ini, sudah dimulai sejak tahun 2016 lalu. Hal itu dilakukan, katanya, bertujuan untuk mengetahui apakah rumah sakit tersebut memenuhi standart sebagai dirancang dalam memperbaiki keselamatan dan mutu pelayanan pasien.

“Standart akreditasi sifatnya berupa suatu persyaratan yang optimal dalam meningkatkan keselamatan dan kualitas asuhan pasien,” Atok-panggilan akrabnya, kepada sejumlah media, usai membuka acara.

Selain tujuan itu, pria kelahiran Pamekasan ini juga menyebut akreditasi bisa memastikan bahwa lingkungan pelayanan rumah sakit tergolong aman dan nyaman dalam mengurangi resiko bagi para pasien dan staf rumah sakit.

Mantan Kepala Bappeda ini menambahkan, akreditasi sebagai cara efektif untuk mengevaluasi mutu suatu rumah sakit.  “Rumah sakit harus mampu mendengarkan dan bisa menampung berbagai keluhan pasien dan keluarganya. Sehinga aspirasi itu bisa menyelesaikan berbagai persoalan yang berkaitan dengan pelayanan rumah sakit,” tambahnya.

Proses penilaian akreditasi RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep dimulai sejak 28 Februari hingga 2 Maret 2017 dengan peserta sebanyak 150 orang.

Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. H. Fitril Akbar mengatakan, penilaian akreditasi dilakukan secara menyeluruh. Meliputi sarana prasaranan (Sarpras), Sumber Daya Manusia (SDM) dan kualitas kineja pelayanan. Menurutnya, saat ini semua fasilitas di RSUD Moh Anwar sudah sangat memandai.

“Akreditas ke RSUD dr. H. Moh Anwar kali ini sudah ke sekian kali. Seperti biasa, hasilnya sangat baik, bahkan menjadi suatu kepercayaan bagi pemerintah dan masyarakat Sumenep pada umumnya. Dengan penilaian akreditasi tiap tahun ini, diharap bisa lebih meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit. Sehingga pelayanan masyarakat bisa tambah baik,” terangnya.

Karena itu, Fitril berharap kepada masyarakat Sumenep tidak perlu lagi berobat ke luar kota. “Dengan fasilitas dan pelayanan maksimal dari rumah sakit ini, insyAllah masyarakat terpuaskan,“ ucapnya.

Yono, Mata Sumenep

 

Tinggalkan Balasan