Menu

Antara Emil Dardak dan AHY; Siapa Yang Pantas Dampingi Khofifah?

  Dibaca : 208 kali
Antara Emil Dardak dan AHY; Siapa Yang Pantas Dampingi Khofifah?
Emil Dardak dan AHY (kanan)
Emil Dardak dan AHY (kanan)

Emil Dardak dan AHY (kanan)

MataMaduraNews.comSURABAYA-Teka teki siapa yang bakal mendampingi Khofifah Indar Parawansa dalam Pilgub Jatim 2018 mulai ada gambaran. Partai Golkar sebagai partai yang menyatakan akan pengusung Khofifah sebagai bakal calon gubernur (Bacagub), menawarkan Bupati Trenggalek, Emil Dardak untuk mendampingi Khofifah sebagai bakal calon wakil gubernur (Bacawagub).

“Saya kira kalau dilihat dari peta, kan Azwar (wakil dari Saifullah Yusuf) ini bupati termuda yah, yang cukup punya nama. Mungkin Emil cukup punya peluang untuk dipasangkan dengan Bu Khofifah,” ucap Ketua DPP Partai Golkar Yahya Zaini, sebagaimana dikutip newsdetik.com di Kantor DPP Partai Golkar, Rabu (18/10/2017).

Menurut Golkar, Emil mewakili daerah Matraman di Jawa Timur. Hal ini bisa mendulang suara karena pasangan dari Saifullah Yusuf dan Azwar Anas berasal dari Pantura atau Tapal Kuda dan Nahdiyin.

“Golkar merekomendasikan supaya dari daerah Matraman. Satu (Khofifah) Pantura yang mayoritas pendukung Nahdiyin. Selatan dan barat masyarakat yang nasionalis. Kalau digabung ini sangat ideal,” kaya Yahya.

Usulan dari PPP beda dengan Golkar. Wasekjen PPP Achmad Baidowi mendukung Khofifah Indar Parawansa bila berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Bacagub dan Bacawagub di Pilgub Jatim 2018.

“Kita sebagian besar ke Mbak Khofifah karena Mbak Khofifah mendaftar di DPP. Walaupun di Jawa Timur Gus Ipul juga mendaftar ya, tapi kalau melihat komunikasi politik terkini, contoh misalnya gimana Gus Ipul berpasangan dengan Abdullah Azwar Anas, itu kan sudah tidak melibatkan PPP,” jelas Baidowi di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (19/10/2017), sebagaimana dikutip news.detik.com

Pria yang kerap disapa Awiek ini juga menuturkan telah berkomunikasi dengan partai pendukung Khofifah lainnya, seperti Golkar, NasDem, Demokrat, dan Hanura. Awiek sepakat wakil Khofifah dari wilayah Mataram. “Maka calon (wakil) Mbak Khofifah itu harusnya yang bisa menyaingi elektabilitas Azwar Anas. Misalnya Agus Harimurti Yudhoyono,” ungkapnya.

“Dua orang ini mewakili kelompok Mataraman dan juga cukup populer, apalagi AHY di Jawa Timur daerah Mataraman lumayan,” tambah Awiek.

Dalam peretemuan dengan sejumlah kiai NU di Ponpes Tebuireng, Jombang, menelurkan Tim Sembilan untuk memilih calon wakil Khofifah dalam Pilgub Jatim. Tim Sembilan ini merupakan kumpulan kiai-kiai NU yang akan menggodok siapa sosok yang pantas menjadi pendamping Khofifah. Selain itu, Tim Sembilan akan membuat berbagai skema dalam mendukung Khofifah. Pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Salahudin Wahid, didapuk menjadi penanggung jawab Tim Sembilan itu.

“Rencana tanggal 19 Oktober di Surabaya, tempat dan jamnya belum ditentukan,” kata KH Asep Saifudin Chalim, salah satu peserta rapat di Ponpes Tebuireng Jombang kepada detikcom di kediaman pribadinya, Selasa (17/10).

Sementara Khofifah masih merahasiakannya soal figur pendampingnya. “Waduh entar dulu itu,” tandasnya. “Intinya adalah kalau mau mencari calon wakil itu diminta oleh para kiai, santri nasionalis,” ujar Khofifah kepada okezone.

redaksi

 

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
bprs-wtp-matamadura
opd-matamadura

Kategori Pilihan

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional