Menu

Begini Persiapan Bangkalan Menyambut Kerapan Sapi Piala Presiden

Begini Persiapan Bangkalan Menyambut Kerapan Sapi Piala Presiden
Sapi Kerap saat berlaga di Lapangan Kerapan Sapi (foto/antara)
Link Banner

matamaduranews.comBANGKALAN-Kabupaten Bangkalan akan menjadi tuan rumah dalam perlombaan Kerapan Sapi memperebutkan Piala Bergilir Presiden RI, yang akan digelar 6 Oktober 2019.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkab Bangkalan, M Hasan Faisol mengaku persiapan menyambut perlombaan Kerapan Sapi tingkat eks Karisedan Madura itu, sudah mencapai 40 persen.

Momentum berharga ini tak akan disia-siakan oleh Pemkab Bangkalan. Menurut Faisol, Bangkalan sebagai tuan rumah perlombaan para juara Kerapan Sapi se Madura, merupakan kali pertama terjadi sepanjang sejarah.

“Ini merupakan kali pertama, Bangkalan menjadi tuan rumah pelaksanaan kerapan sapi Piala Presiden RI. Ini sejarah bagi Bangkalan. Kesempatan ini tak akan kami sia-siakan,” terang pecinta Kerapan Sapi ini, saat ditemui Mata Madura, di kantornya, Rabu (28/8/2019).

Dikatakan, kondisi lapangan Kerapan Sapi R.P Moh Noer sudah memenuhi standart dan fasilitas yang lengkap. Sehingga, bisa menjadi daya tarik sendiri bagi tourisme agar lebih banyak berkunjung.

Langkah koordinasi dengan Badan Koordinator Wilayah (Bakorwil) IV Pamekasan, dan tokoh-tokoh budaya, serta para persatuan pemilik Sapi Kerap di Kabupaten Bangkalan, diakui sudah dilakukan.

“Kemarin kami sudah survei langsung ke lapangan bersama Bakorwil mulai dari lintasan, pagar, rumput, tribun penonton serta fasiltas lainnya. Dengan harapan perebutan Pala Presiden ini berjalan dengan lancar. Dan pemilik sapi merasa puas,” tambahnya.

Dari kesiapan keamanan, Faisol menyebut sudah terkoordinasi dengan Polres dan Kodim Bangkalan. Ada sekitar 200 personil yang siap mengamankan jalannya acara.

Untuk mengantisipasi kericuhan di lapangan, Faisol mengaku sudah menyiapkan alat sensor untuk ditempatkan di garis start sapi.

“Jadi fungsinya kaki sapi yang melewati batas akan ketahuan, karena ada sensor. Sehingga tidak mudah ada protes sana-sini,” sambung Faisol.

Sementara Hendra Gemma, Kabid Kebudayaan dan Parisiwata Bangkalan mengatakan, untuk dana Kerapan Sapi Piala Presiden sudah tersedia di Bakorwil. Selain kesiapan dari panitia lokal Bangkalan.

“Kemarin kami sudah rapat bersama Bakorwil, Mohni Pak Wabup Bangkalan, tokoh sapi kerap H Hamdan dan H Tohir. Mereka semua menyatakan Bangkalan siap menjadi tuan rumah,” ungkapnya.

Untuk perlombaan Kerapan Sapi tingkat Kabupaten Bangkalan, akan digelar Minggu 22 September. Saat ini, perlombaan Kerapan Sapi masih menyisakan perlombaan tingkat eks Kawedanan. Seperti eks Kawedanan Sepuluh dan Bangkalan Kota.

Syaiful, Mata Bangkalan

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Lowongan

Ra Fuad Amin

Kerapan Sapi

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Fans Page

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional