Bupati Busyro Sumringah Ada Rute Sumenep-Surabaya-Jakarta-Bali-NTB

Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim saat melihat kondisi dalam pesawat Wings Air yang akan melakukan penerbangan komersil dari Bandara Trunojoyo Sumenep. foto: Amrozi foto Mata Madura
Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim saat melihat kondisi dalam pesawat Wings Air yang akan melakukan penerbangan komersil dari Bandara Trunojoyo Sumenep.
foto: Amrozi foto Mata Madura

MataMaduraNews.comSUMENEP-Kabupaten Sumenep punya harapan berkembang. Hal ini ditandai dengan rencana penerbangan komersil dengan pesawat ATR 72 dengan berbagai tujuan ke kota besar Indonesia.

Maskapai penerbangan yang menyatakan siap beroperasi di Bandara Trunojoyo, Sumenep ini adalah Pesawat Wings Air. Pada hari Sabtu (22/7/2017), pesawat Lion Grup ini melakukan proving flight (uji coba penerbangan) di Bandara Trunojoyo, Sumenep.

“Uji coba penerbangan ini merupakan prosedur wajib yang harus dilakukan sebelum penerbangan komersil dilakukan. Kata pilot Wings Air, uji coba penerbangan berjalan lancar. Hanya ada beberapa landasan pacu yang masih perlu perbaikan. Intinya, run way memenuhi standart. Dan bangunan tingkat SMA PGRI sudah mulai dikepras,” terang Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim, Sabtu (22/07/2017), kepada sejumlah wartawan usai menyaksikan uji coba penerbangan di Bandara Trunojoyo.

Uji coba penerbangan Wings Air tanpa penumpang. Terlihat polit dan co pilot serta dua pramugari turun dari pesawat usai landing. Bupati Sumenep dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berkesempatan melihat secara langsung pendaratan pesawat Wings Air jenis ATR 72 dari Bandara Juanda, Surabaya ke Bandara Trunojoyo, Sumenep.

Salah satu petugas Bandara Trunojoyo berpose dengan latar pesawat Wings Air. foto: Hambali Rasidi, Mata Madura
Salah satu petugas Bandara Trunojoyo berpose dengan latar pesawat Wings Air.
foto: Hambali Rasidi, Mata Madura

Setelah pesawat tiba di Bandara Trunojoyo, Bupati beserta peserta Jungrojung Sataretanan Mapak Visit Sumenep 2018 melihat secara langsung kondisi dalam pesawat yang akan melayani penerbangan komersil dengan rute; Sumenep-Surabaya-Bali-NTB dan Sumenep-Surabaya-Jakarta. Setalah itu, Bupati dan  rombongan menyaksikan proses take off dari Bandara Trunojoyo.

Bupati mentarget, pada akhir Desember 2017  penerbangan perdana komersil dari Bandara Trunojoyo sudah bisa dimulai.”Tiap hari akan ada penerbangan dari Sumenep-Surabaya-Jakarta dan Sumenep-Surabaya-Bali-NTB,” tambanya.

Sementara untuk rute penerbangan melalui sistem connecting. “Artinya, penumpang mau terbang ke Jakarta, Bali, NTB, tiket cukup beli dari Bandara Trunojoyo,” jelas bupati asal PKB ini.

Bupati Busyro merasa bersyukur usaha yang dirintis sejak 2012 untuk mewujudkan penerbangan komersil di Bandara Trunojoyo, Sumenep membuahkan hasil. “Ini perjuangan yang berdarah-darah sejak saya menjabat bupati di periode pertama. Alhamdulillah, usaha kami bisa dirasa masyarakat Sumenep dan Madura,” tuturnya, kepada MataMaduraNews.com.

Para wartawa berselfi ria dengan dua pramugari Wings Air foto: Hambali Rasidi, Mata Madura
Para wartawa berselfi ria dengan dua pramugari Wings Air
foto: Hambali Rasidi, Mata Madura

Ada yang menarik dari pemandangan uji penerbangan Wings Air. Apa itu? Sejumlah rombongan bupati  diberi kesempatan memasuki ruang kabin pesawat. Para wartawan memanfaatkan moment ini untuk berfoto selfi dengan dua pramugari. Sebagian mengambil foto selfi dengan latar pesawat Wings Air.

Hambali Rasidi, Mata Madura

Tinggalkan Balasan