Menu

Bupati Sumenep Imbau Para Kades Sering Turun ke Lapangan, Ini Alasannya

  Dibaca : 232 kali
Bupati Sumenep Imbau Para Kades Sering Turun ke Lapangan, Ini Alasannya
Bupati Busyro Karim ketika melantik Kades PAW Desa Poteran, Sahari di ruang Arya Wiraraja Setdakab Sumenep. (Foto Rusydiyono/Mata Madura)
Link Banner

MataMaduraNews.comSUMENEP-Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, KH A. Busyro Karim melantik Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Poteran, Kecamatan Talango, Senin (09/04/2018).

Kades PAW Desa Poteran yang dilantik di ruang Arya Wiraraja Sekretariat Kabupaten Sumenep itu atas nama Sahari, yang baru dipilih beberapa waktu lalu.

Seperti biasa, usai melantik Bupati Busyro Karim tak lupa menyampaikan wejangan dalam menjalankan roda pemerintahan di desa. Di antara yang dipesankan Bupati Busyro Karim dalam pelantikan tersebut mengenai realisasi Dana Desa (DD).

Sebab, jika DD tidak dikelola dengan benar, tak hanya akan merugikan masyarakat. Negara, kata orang nomor satu di Sumenep itu, juga akan membuat pihak pemerintah desa berurusan dengan hukum.

Soal kasus DD ini, Bupati menyebut di beberapa daerah atau kabupaten di Indonesia, anggaran Rp 1 miliar itu telah banyak mengakibatkan sejumlah Kepala Desa maupun Camat tersandung hukum. Dan semua itu, tak lain karena pengelolaannya yang tidak prosedural.

“ADD dan DD itu harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, dan pembangunan di desa juga harus lebih meningkat dengan adanya anggaran Rp 1 miliar setiap desa,” jelas Bupati Busyro Karim.

Mantan aktivis PMII itu kembali menegaskan bahwa angagran Rp 1 miliar tersebut harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik. Selain untuk pembangunan desa, juga peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi, harus ada wujud nyata dari anggaran Rp 1 miliar tersebut, dan masyarakat benar-benar merasakan adanya peningkatan pembangunan di desanya,” pesannya.

Karena itu, adanya DD diharapkan Buapti mampu membuat masyarakat nyaman. Pastinya dengan peningkatkan pembangunan di bidang infrstruktur, pelayanan publik, dan bidang pendidikan, kesehatan, serta peningkatan ekonomi masyarakat.

“Kami terus akan berupaya untuk meningkatkan pembangunan di Sumenep, namun hal itu tidak akan bisa berjalan maksimal tanpa adanya dukungan dari semua elemen masyarakat,” harapnya.

Terakhir, Bupati Busyro Karim berpesan kepada Kades Sahari agar mengedepankan semangat dan prinsip kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja tuntas, dan kerja berkualitas. Untuk mewujudkan hal itu, seorang Kades harus rajin turun ke lapangan.

“Serta lakukan gerakan inovatif dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat, yang muaranya harus tetap diarahkan pada percepatan terwujudnya visi dan misi Kabupaten Sumenep 2016-2021,” tandasnya.

Rusydiyono, Mata Madura

Link Banner
Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional