Camat Heru Cahyono Berupaya Lindungi Kakatua Jambul Kuning

AMAZING: Turis asing didampingi isteri Camat Masalembu foto di Stan Pameran Kecamatan Masalembu. (Foto Rusydiyono, Mata Madura)
AMAZING: Turis asing didampingi isteri Camat Heru Cahyono foto di Stan Pameran Kecamatan Masalembu. (Foto Rusydiyono, Mata Madura)

MataMaduraNews.com SUMENEP – Sebagai daerah yang banyak ditinggali hewan satwa langka dan dilindungi, Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep terus berupaya melindungi supaya tidak punah. Karena itu, hanya gambar dan bukan satwa terkait yang ditampilkan Stan Masalembu saat Pameran Pembangunan Hari Jadi Sumenep ke-748, pekan terakhir Oktober lalu.

Camat Masalembu Heru Cahyono mengatakan, di Kecamatan Masalembu memang banyak hidup hewan langka dan unik. Salah satunya burung Kakatua Kecil Jambul Kuning. Burung tersebut berada di Pulau Masakambing, Masalembu dan keberadaannya sudah terancam punah. ”Sehingga, yang demikian perlu adanya perlindungan,” terang Camat Heru ketika ditemui usai pembukaan Pameran Pembangunan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sumenep yang ke-748, Sabtu malam, 21 Oktober lalu.

Heru menjelaskan, untuk melindungi keberadaan Kakatua Kecil Jambul Kuning tersebut, Perkumpulan Konservasi Kakatua Indonesia (KKI) sudah melakukan beberapa gerakan perlindungan. Tujuannya, kata dia, tidak ada lain kecuali hanya untuk melindungi spesies langka itu agar terus hidup dan beranak pinak.

”Di antara (upaya)nya tidak membeli dan memelihara Kakatua Jambul Kuning, ikut mensoalisasikan dan berperan aktif dalam kegiatan konservasi, serta selalu memantau Kakatua Jambul Kuning,” papar pria yang juga pernah bertugas di Kecamatan Batang-Batang tersebut. Dari beberapa upaya yang dilakukan, Heru berharap masyarakat memiliki kesadaran yang sama akan pentingnya menjaga kelestarian dan keberlangsungan burung Kakatua Jambul Kuning.

| rusydiyono/rafiqi

Tinggalkan Balasan