Desa Pamolokan Sabet Penghargaan Desa Informatif Se-Jatim

PRESTASI: Piagam Penghargaan Desa Informatif PPID Se-Jatim, Desa Pamolokan. (Foto Rakhmad Riadi for Mata Madura)

MataMaduraNews.comSUMENEP – Pamolokan Super Mantap. Julukan ini barangkali pantas disematkan pada desa yang telah membawa nama harum Kabupaten Sumenep itu di kancah regional. Bahkan, peraih 10 Besar Nominator Desa Informatif Terbaik se-Jawa timur tersebut juga mengharumkan nama Madura.

Desa Pamolokan, Kecamatan Kota Sumenep ditetapkan sebagai PPID Desa se-Jawa Timur dengan kategori ‘Desa Informatif’ pad 18 Desember lalu di gedung stasiun JTV Surabaya. Acara tersebut diselenggarakan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur mengacu pada UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik  Tahun 2017.

Kepala Desa Pamolokan, Rakhmad Riadi, mengaku tak menyangka desa yang dipimpinnya bakal menjadi 10 desa terbaik dari seluruh desa di Jawa Timur. Sebab, Rakhmad secara tak sengaja mendapatkan informasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika Sumenep bahwa desanya meraih penghargaan 10 Desa Terbaik di tingkat regional.

DESA INFORMATIF: Kades Pamolokan, Rakhmad Riadi (kiri) saat menerima Penghargaan Desa Informatif pada PPID Award 2017. (Foto Rakhmad Riadi for Mata Madura)

”Saya tak menyangka sebelumnya akan peraihan ini. Saya hanya selalu menjalankan program kerja pemerintah dengan sebaik mungkin. Dan alhamdulillah, saya senang dan bangga atas prestasi ini,” kata Rakhmad dengan senyum bangga saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 20 Desember lalu.

Rupanya, tim penilai memberi nilai terhadap semua hasil laporan kegiatan kinerja desa yang telah di-update melalui website masing-masing desa secara online se-Jawa Timur. Kriteria penilaian di antaranya meliputi bidang pelayanan, administrasi desa, manajemen keuangan desa, serta kedisiplinan kerja aparatur desa, dan lainnya.

Itu semua, tentu berkat kepemimpinan Rakhmad Riadi yang telah dua periode menjabat Kades Pamolokan. Ia selalu bersinergi dengan warganya dalam bersama membangun desa. ”Namun, ini merupakan cambuk bagi saya untuk lebih meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa di segala aspek,” imbuhnya.

| yudik/*

Tinggalkan Balasan