Dua Bulan Tanpa Aktivitas APBD, Dewan Bangkalan Desak Eksekutif Untuk Realisasi

×

Dua Bulan Tanpa Aktivitas APBD, Dewan Bangkalan Desak Eksekutif Untuk Realisasi

Sebarkan artikel ini
Dua Bulan Tanpa Aktivitas APBD, Dewan Bangkalan Desak Eksekutif Untuk Realisasi
ilustrasi/google
ilustrasi/google
ilustrasi/google

MataMaduraNews.comBANGKALAN-Sudah masuk bulan ke tiga di tahun 2017, tanda-tanda realisasi APBD 2017 juga belum ada kejelasan. Masyarakat Bangkalan masih disuguhi ketidakjelasan realisasi.

Akibat belum ada kejelasan tersebut, eksekutif juga belum menyentuk kegiatan yang bersumber dari APBD 2017. Pencairan dari APBD 2017 itu, hanya kegiatan rutin SOPD dan gaji PNS.

Wakil Ketua DPRD Bangkalan Abdurrahman mengaku tugas DPRD sudah selesai membahas APBD Bangkalan tahun 2017. Tinggal tugas menjalankan APBD saat ini adala eksekutif untuk merealisasikan program yang ada di APBD 2017.

“Tugas kita di dewan sudah selesai. Tinggal di ranah eksekutif mau cepat di jalankan atau tidak,” ujarnya saat dihubungi MataMaduraNews.com,  Rabu (01/03/2017).

Abdurrahman mengaku tidak tahu persis apa penyebabnya sehingga program APBD masih macet. “Saya tidak tahu apa penyebabnya kok bisa seperti itu,” imbuhnya.

Karena itu, sebagai pimpinan DPRD Bangkalan sekaligus Anggota Banggar, ia mendesak agar eksekutif segera merealisasikan APBD tahun 2017. Dengan harapan, masyarakat Bangkalan cepat bisa menikmati hasil pembangunan. “Bukan hanya kasihan SOPD yang tidak bisa menjalankan programnya, tapi juga kasihan masyarakat yang menunggu perputaran uang dari APBD,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Bangkalan Moh. Fahri menjelaskan untuk realisasi APBD 2017 sudah tidak ada masalah. Untuk kebutuhan wajib seperti gaji pegawai sudah terpenuhi. “Sudah tidak ada masalah mas semuanya sudah beres,” jelasnya saat dihubungi MataMaduraNews.com, Rabu (1/2/2017)

Fahri tidak menampik jika program di masing-masing SOPD belum di realisasikan. Ia berdalih pihaknya masih menunggu data per program dari masing-masing SOPD. “Contohnya mas untuk dinas pekerjaan umum kita masih nunggu data lokasi mana saja yang ingin dikerjakan,” imbuhnya.

Namun Fahri memastikan dalam minggu ini atau awal Maret program di masing-masing SOPD sudah bisa di jalankan. “InsyaAllah dalam akhir minggu ini dana akan ditransfer ke masing-masing SOPD,” pungkasnya.

Agus, Mata Bangkalan

KPU Bangkalan