Gelar Haflah, 13 Tahun PP. Al-Hikam Tampung 1.700 Santri

KH. Nuruddin A Rahman Pengasuh PP. Al-Hikam (kanan) dan Menpora Imam Nahrawi (tengah). (foto, Agus)
KH. Nuruddin A Rahman Pengasuh PP. Al-Hikam (kanan) dan Menpora Imam Nahrawi (tengah).
(foto, Agus)

MataMaduraNews.comBangkalan – Pondok Pesantren Al-Hikam yang berada di Desa Tonjung, Burneh, Bangkalan menggelar Haflah Ikhtitam dan Wisuda tahun ajaran 2016/2017, Rabu (24/05/2017). Sejumlah tokoh ikut hadir dan memberi sambutan dalam acara tersebut, seperti Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi dan Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf.

KH. Nuruddin A Rahman selaku PP. Al-Hikam dalam sambutannya mengatakan bahwa PP. Al-Hikam baru berdiri sejak 13 tahun yang lalu. Namun menurutnya meskipun tergolong baru Pondok Pesantren yang dipimpinnya itu sudah manampung sebanyak 1750 santri. “Santri-santri itu adalah amanat bagi dari para orang tua,” ujarnya.

Dikatakannya, di PP. Al-Hikam bukan hanya mengajarkan tentang ilmu agama, namun juga mengajarkan ilmu umum lewat pendidikan formal mulai dari Paud hinngga SMA dan SMK. “Jadi Pondok disini bisa dikatakan semi formal, karena dua ilmu yang sama-sama penting bisa diperoleh,” pungkasnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan olah raga (Menpora) RI, Imam Nahrawi yang juga ikut memberikan sambutan pada acara tersebut menegaskan bahwa menuntut ilmu adalah kewajiban bagi kita semua sebagai umat Nabi Muhammad, utamanya ilmu agama di pondok pesantren. “Jangan lupa menuntut ilmu, walau kita sibuk dengan pekerjaan,” ucapnya.

Ia menjelaskan siapapun yang menuntut ilmu, Allah akan memudahkan segala urusannya. Nahrawi sapaan akrabnya berharap supaya generasi muda tetap semangat menuntut ilmu, terlebih di pesantren. “Karena mereka akan menjadi pemimpin dimasa mendatang. Tolong lanjutkan pendidikannya, tapi jangan lupa dipesantrenkan,” harapnya.

Sedangkan Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf, mengajak kepada masyarakat untuk menyadari bahwa pesantren adalah benteng pendidikan di negara ini, khususnya di Bangkalan. “Santri akan melewati segala macam tantangan. Di kota selamat, di desa juga selamat. Generasi seperti inilah yang menjadi pemimpin yang luar biasa,” ujarnya.

Mewakili Ketua Alumni PP. Al-Hikam Rofi’i mengucapkan terimakasih kepada Menpora Imam Nahrawi yang telah hadir dalam acara imtihan di PP. Al-Hikam dan juga kepada seluruh wakil santri beserta seluruh simpatisan yg sudah mempercayai al hikam sebagai tempat menuntut ilmu bagi putra putrinya. “Dimana alumni Al-Hikam juga banyak yg sudah meneruskan di perguruan tinggi negeri maupun swasta yang mendapatkan beasiswa disana. Namun harapan saya yang kuliah ini tetap berbagi ilmu dengan alumni yang tidak berkesempatan duduk di bangku kuliah,” ujar Lawyer muda Bangkalan itu.

Agus, Mata Bangkalan

Tinggalkan Balasan