Menu

Generasi Sumenep Harus Selalu Terlibat dalam Kegiatan Masyarakat

  Dibaca : 189 kali
Generasi Sumenep Harus Selalu Terlibat dalam Kegiatan Masyarakat
Wakil Bupati Achmad Fauzi (tengah) bersama Kepala DP3A dan KAB Sumenep, R. Herman Poernomo (sebelah kiri Wabup) foto bersama para juara Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Sumenep tahun 2018. (Foto Ist/Rusydiyono/Mata Madura)
Link Banner

MataMaduraNews.comSUMENEP-Untuk meningkatkan kualitas generasi bangsa, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3A dan KB) Kabupaten Sumenep menggelar Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre).

Pemerintah daerah menginginkan generasi muda menjadi mobilisator sekaligus melibatkan diri dalam masyarakat dan segala kegiatannya.

Kelala Dinas P3A dan KB R. Herman Poernomo menjelaskan, peserta pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) tingkat Kabupaten Sumenep 2018 sebanyak 19 orang. Mereka berasal dari berbagai siswa SMA sederajat dan mahasiswa perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Peserta putra sebanyak 6 orang dan peserta putri sebanyak 13 orang. Ke-19 orang itu telah melalui beberapa proses seleksi, mulai dari seleksi administrasi, karantina, dan penentuan juara melalui grand final ini,” tutur Ipung-panggilan akrab Kepala Dinas P3A dan KB pada Pembukaan Grand Final Pemilihan Duta Genre, Sabtu (17/03/2018) malam, di GNI Sumenep.

Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi yang hadir dalam acara itu, mengajak generasi muda Sumenep tidak salah memilih pergaulan dalam kehidupannya. Para pemuda harus selektif dalam bergaul supaya tidak terjerumus pergaulan bebas yang dapat merugikan masa depan.

“Generasi muda Sumenep jangan sampai terjerumus dalam pergaulan bebas seperti penyalahgunaan obat-obatan terlarang, narkoba, dan seks bebas. Karena itu semua bisa merusak masa depan generasi penerus pembangunan di Sumenep,” tegas orang nomor dua di lingkungan Pemkab Sumenep itu.

Wabup Fauzi menyebutkan, berdasarkan data Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur, jumlah pengguna narkotika tahun 2017 di kalangan remaja mencapai 238 ribu 680 orang atau 27,3 persen dari total pengguna narkoba di Jawa Timur. Sementara total pengguna narkoba di Jatim ini jumlahnya mencapai 884 ribu orang.

Untuk itu, generasi Sumenep diminta suami Nia Kurnia haruslah waspada dan menjauh dari barang haram tersebut.

“Generasi muda di Sumenep harus merencanakan hidupnya secara matang, karena tantangan cukup berat dengan perkembangan teknologi dan kebebasan harus disikapi dengan bijak,” jelasnya.

Dengan digelarnya Pemilihan Duta Genre, Wabup Fauzi berharap bisa melahirkan Duta Genre berprestasi yang mampu memotivasi generasi muda untuk mempersiapkan dirinya dengan mental kuat, keterampilan tinggi, serta berdaya saing.

“Saya menginginkan juara Generasi Berencana tahun ini harus terlibat di kegiatan kemasyarakatan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD), khususnya ikut serta di kegiatan sosialisasi kepada masyarakat terutama generasi muda di Sumenep, seperti terlibat kegiatan BNN Kabupaten Sumenep ketika melaksanakan sosialisasi narkoba,” harapnya.

Rusydiyono, Mata Madura

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional