Gubernur Soekarwo Setuju Sumenep Menjadi Daerah Yang Bakal Dimekarkan

×

Gubernur Soekarwo Setuju Sumenep Menjadi Daerah Yang Bakal Dimekarkan

Sebarkan artikel ini
Gubernur Soekarwo Setuju Sumenep Menjadi Daerah Yang Bakal Dimekarkan
Gubernur Jatim, Soekarwo foto/google
Gubernur Jatim, Soekarwo foto/google
Gubernur Jatim, Soekarwo
foto/google

MataMaduraNews.comJATIM-Gubernur Jatim Soekarwo sepakat dan mendukung wacana Pansus RPJMD Jatim untuk melakukan pemekaran di sejumlah kab/kota di Jatim.

Pakde Karwo beralasan, pemekaran wilayah kecamatan di tingkat kota dan pemekaran kabupaten dengan membentuk Pemkot baru sangat diperlukan. Dia memertimbangan jumlah penduduk sudah tak sebanding dengan daya dukung sumber daya yang tersedia.

Pernyataan Pakde ini disampaikan kepada sejumlawah wartawan usai menghadiri Pansus Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jatim di gedung DPRD Provinsi Jatim, Jumat (10/3/2017). Kali ini, Pansus RPJMD Jatim mewacanakan lima kabupaten dan lima kota di Jatim yang perlu dilakukan pemekaran. Total ada 10 daerah yang akan dimekarkan.

Kesepuluh itu dinilai Pansus memiliki jumlah penduduk  yang terlalu padat. Sehingga tak sebanding dengan daya dukung sumber daya yang dimiliki. Akibatnya, program pengentasan kemiskinan di Jatim menjadi lambat.

“Lima kabupaten yang kami dorong segera melakukan pemekaran adalah Kabupaten Malang, Jember, Sidoarjo, Bojonegoro dan Sumenep. Sedangkan di tingkat kota yaitu Kota Kediri, Blitar, Mojokerto, Madiun dan Batu,” kata Ketua Pansus RPJMD Jatim, Sahat Tua P Simanjuntak kepada wartawan di DPRD Jatim, Jumat (10/3/2017).

editor: hambali rasidi

sumber: beritajatim.com

 

Kabupaten yang diusulkan dimekarkan
1. Malang
2. Jember
3. Sidoarjo
4. Bojonegoro
5. Sumenep.

Kota yang diusulkan kecamatannya dimekarkan
1. Kota Kediri
2. Kota Blitar
3. Kota Mojokerto
4. Kota Madiun
5. Kota Batu

 

KPU Bangkalan