Menu

Guru di Sumenep Dibekali Pengetahuan Screening Mata, Ini Tujuannya

  Dibaca : 138 kali
Guru di Sumenep Dibekali Pengetahuan Screening Mata, Ini Tujuannya
BERANTAS PENYAKIT MATA: Bupati Busyro Karim didampingi Kadisdik H. Shadik foto bersama tim Lions Clubs Internasional pada Pelatihan Screening Mata. (Foto Rusydiyono/Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-Agar guru bisa mendeteksi masalah kesehatan mata siswa, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, berikan bekal kemampuan screening mata kepada para guru di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Disdik Sumenep H A. Shadik menyebutkan, pelatihan tersebut dikuti oleh ribuan guru di Sumenep, bertempat di Gor Ahmad Yani Panglegur Sumenep, Kamis (27/09/2018).

“Tutornya kita  menggandeng lembaga sosial yaitu LionsClubs Internasional,” jelasnya.

Kata H. Shadik, bekal tersebut sangat penting bagi sekolah, baik SD dan SMP. Sehingga, apabila ada dari salah satu anak didiknya yang mengalami gangguan kesehatan mata bisa ditangani.

Sebab, lanjut Shadik, apabila gangguan pada mata siswa tidak dideteksi sejak dini, siswa yang mengidap penglihatan minus akan lebih cepat tinggi dan membutuhkan kacamata yang cukup tebal.

Karena itu, dalam perkembangannya jika dalam satu lembaga pendidikan memiliki guru yang bisa screening mata, maka gangguan mata pada siswa bisa langsung diambil tindakan. Baik melalui pengobatan atau dengan memberikan kacamata kepada siswa bersangkutan.

“Jelas ini akan berdampak pada keberhasilan siswa di Sumenep, karena mata merupakan indra pertama yang akan menangkap pelajaran. Mulai dari membaca buku pelajaran, proses belajar mengajar di kelas semuanya membutuhkan peran mata yang sehat,” ungkap Shadik.

Masih kata Kadisdik tersebut, jika siswa penglihatannya terganggu, baik rabun, minus tapi tidak berkacamata, akan sulit menangkap pelajaran. Akibatnya pun bisa fatal, karena siswa tersebut tidak akan maksimal dalam menyerap ilmu pengetahuan yang disampaikan di sekolah.

“Jika ditemukan siswa mengalami gangguan mata akan segera diambil tindakan. Bahkan dari lembaga sosial LionsClubs Internasional sudah menyiapkan 1.500 kacamata gratis untuk siswa di Sumenep,” tegasnya.

Sementara Bupati Sumenep KH A. Buayro Karim dalam sambutannya mengaku sangat apresiatif atas langkah Disdik itu. Karenanya, mantan Ketua DPRD tersebut meminta agar pelatihannya maksimal.

“Semoga dengan pelatihan ini, proses pembelajaran di Sumenep makin maju,” harapnya.

Rusydiyono, Mata Madura

Link Banner
Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional