Menu

Hadiri Penutupan KKN STITA, Bunda Fitri Sampaikan Tiga Kunci Sukses Pemuda

Hadiri Penutupan KKN STITA, Bunda Fitri Sampaikan Tiga Kunci Sukses Pemuda
KALUNG BUNGA. Bunda Paud Nurfitriana Busyro Karim saat disambut mahasiswa KKN dan masyarakat di Desa Bumbungan Kec. Bluto, Jum'at (1/3/2019). (Foto/Rusydiyono Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.com-SUMENEP-Peran dan eksistensi pemuda  dalam menghadapi dan menjawab tantangan zaman akan menentukan potret Indonesia masa depan. Maka dari itu, dibutuhkan kekuatan kolektif para pemuda untuk mengabdi dan peduli terhadap persoalan-persolan masyarakat. Hal ini disampaikan Bunda Paud Nurfitriana Busyro Karim saat menghadiri penutupan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posko 3 STITA Sumenep, Jum’at (1/3/2019) di Balai Desa Bumbungan Kecamatan Bluto.

Di hadapan mahasiswa dan tokoh masyarakat setempat, istri Bupati Sumenep ini menekankan tiga hal yang harus dimiliki pemuda. Pertama, pemuda harus luas pengetahuannnya. Ia mengibaratkan pada seekor keledai yang memanggul banyak buku. Bagi keledai buku tidak berguna meski banyak jumlahnya, namun bagi manusia, buku itu sumber pengetahuan yang luar biasa.

“Akan berbeda jauh antara orang yang memiliki pengetahuan dan yang tidak. Bagi yang berilmu, dia akan selalu tahu karena ilmu pengetahuannya,” jelasnya kepada mahasiswa KKN.

Kedua, pemuda harus berani berpikir besar. Bukan seorang pemuda harapan bangsa, kalau masih kerdil dan cenderung putus asa. Bangsa ini ada karena lahir dari buah pikiran-pikiran yang luar biasa. “Tidak akan ada keberhasilan yang luar biasa di dunia ini, kalau tidak dilalui dari pikiran-pikiran besar,” Imbuhnya.

Dan yang ketiga, kata Bunda Fitri, pemuda harus menjadi tauladan bagi masyarakat, bila pemudanya sudah hancur maka hacurlah bangsa ini. Dimana pun pemuda itu berada, ia akan selalu menjadi panutan, maka jangan hanya bagus secara penampilan nemun perilakunya harus juga diperbaiki. “Ya, harus baik semuanya untuk bisa menjadi tauladan. Penampilan baik, pengetahuannya luas, dan perilakunya juga baik, itu baru benar-benar jadi pemuda harapan bangsa,” kata Bunda Fitri.

Lain hal, pada kesempatan itu, dirinya juga memberikan apresiasi kepada STITA, baginya  program KKN merupakan langkah nyata perguruan tinggi untuk memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa dalam hidup bermasysrakat. “Ini pembelajaran nyata bagi-bagi adik-adik mahasiswa dalan membangun kehidupan masyarakat,” ucapnya sembari tersenyum.

Reporter: Rusydiyono

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Lowongan

DISWAY

Kerapan Sapi

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional