Menu

Harapan dan Tantangan Sekda Totok. Begini Respon Para Politisi dan LSM Pamekasan

Harapan dan Tantangan Sekda Totok. Begini Respon Para Politisi dan LSM Pamekasan
Link Banner

matamaduranews.com-PAMEKASAN-Pelantikan Totok Suhartono sebagai Sekda Pamekasan tentu banyak harapan dan tantangan yang bakal dihadapi dalam mewujudkan cita-cita Pamekasan Hebat.

Ismail, Ketua Komisi I DPRD Pamekasan menyebut, pelantikan Sekda Totok sangat tepat dan pada waktu yang ditunggu-tunggu. Ismail mengatakan, Plt Sekda di Kabupaten Pamekasan, hampir tiga tahun berlalu. Pelantikan Sekda yang baru ini benar ditunggu.

“Jadi pilihan bupati melantik insinyur Totok sebagai Sekda sudah sangat tepat. Dan kita sangat mendukung langkah-langkah yang dilakukan bupati,”sebut Ismail kepada Mata Madura, Selasa (9/7/2019).

Ismail memaparkan, keberadaan Sekda baru memiliki peran strategis dalam pembahasan APBD 2020 dalam merumuskan program unggulan bupati yang akan tertuang sejak KUAPPAS.

“Peran Sekda itu luar biasa. Sekda menjadi penghubung berbagai kepentingan. Bisa juga sebagai corong dan inisiator dari tim anggaran eksekutif. Jadi semua yang mengatur itu Sekda. Jadi relasinya itu sangat penting sekali dengan adanya Sekda definit untuk mengkomunikasikan antara kepentingan pemerintah daerah dengan kepentingana masyarakat,” papar mantan aktivisi IAIN Madura ini.

Ismail juga mengucapkan selamat kepada Pak Totok sebagai Sekda Pamekasan. “Figur Pak Totok sebagai Sekda sangat tepat sekali. Beliau sangat komunikatif dengan berbagai banyak pihak. Figurnya bisa merekatkan berbagai lapisan di Pamekasan. Keberadaan Sekda Totok sangat memudahkan pada misi pemerintah,” ucapnya.

Sementara, Ketua DPD PAN Pamekasan, Heru Budi Prayitno mengatakan, tantangan Sekda Totok adalah reformasi birokrasi. Dia memberi contoh penempatan jabatan birokrasi perlu ditempatkan pada figur yang tepat.

“Mulai jabatan kasi hingga kepala dina kedepan agar tidak menempatkan orang benar tapi di tempat yang salah.Atau orang yang salah di tempat yang benar. Jadi, tempatkanlah pejabat itu sesuai dengan kompetensinya,” sebut pengusut Bupati Badrut di Pilkada Pamekasan, lalu ini saat ditemui Mata Madura, Selasa pagi (9/7/2019).

Heru menilai, mutasi yang berbarengan dengan pelantikan Sekda ada beberapa tempat yang seharusnya tidak ditempati beberapa person. “Kompetensinya tidak ada begitu,” ucapnya.

Kendati demikian, Heru mengucapkan selamat kepada Pak Totok sebagai Sekda Pamekasan. “Ini memang ditunggu-tunggu oleh publik dan masyarakat Pamekasan. Kita cukup lama tak mempunyai sekda definitif,” sambungnya.

Kordinator Forum LSM Pamekasan, Ribut Baidi saat ditemui Mata Madura, Selasa (9/7/2019) berharap, Sekda Totok bisa mentransformasi pengalaman di birokrasi untuk mengatur sirkulasi birokrasi di Pamekasan dalam membantu bupati mewujudkan konsep Pamekasan Hebat.

“Pak Totok supel, lentur, dan tidak gampang emosi kepada semua kalangan. Sekda itu tidak boleh emosi dalam menyelesaikan tugas pemerintah,” sebutnya.

Johar Maknun, Mata Pamekasan

 

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Lowongan

DISWAY

Kerapan Sapi

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional