Menu

Harga Bahan Pokok Naik, Disperindag: Tugas Kami Hanya Menjaga Ketersediaan Stok Barang

  Dibaca : 182 kali
Harga Bahan Pokok Naik,  Disperindag: Tugas Kami Hanya Menjaga Ketersediaan Stok Barang
Link Banner
IMG_20180105_210036

Kepala Disperindag Bangakalan, Budi Utomo, (foto: Istimewa)

MataMaduraNews.com – BANGKALAN-Naiknya beberapa harga bahan pokok akhir-akhir ini membuat para pengusaha kecil gelisah, seperti yang terjadi pada Siska warga Kelurahan Demangan yang memiliki usaha catering, dirinya mengaku dilema karena harga ayam yang tinggi.

“Dilema mas, mau menaikkan harga khawatir gak laku, tidak dinaikkan kita yang rugi, pokoknya rakyat kecil semakin susah” ucapnya dengan nada mengeluh.

Menurut pantauan Matamadura dilapangan harga bahan pokok yang mengalami kenaikan adalah telur yang awalnya 20.000 per kg sekarang mencapai 28.000, cabe yang awalnya 20.000 per kg menjadi 40.000, sedangkan untuk ayam potong yang awalnya 30.000 per kg menjadi 34.000, begitupun beras yang awalnya 9.500 per kg sekarang harganya sudah 11.000.
Kepala dinas perdagangan Budi Otomo menolak jika ada kenaikan sejumlah harga bahan pokok, jikapun ada dirinya tidak bisa berbuat apa-apa untuk hal tersebut.
“Kita tidak bisa menentukan harga harus sekian atau sekian, kita kembalikan kepada pedagang, tugas Disperindag hanya menjaga ketersediaan stok barang” ucapnya menjelaskan.
Namun akhirnya pria yang akrab di sapa Budi tersebut mengakui jika pada tanggal 27 Desember lalu memang diketahui ada kenaikan saat dilakukan sidak bersama dengan Forkopimda, namun tidak terlalu signifikan.

“Tanggal 27 Desember 2017 memang ada kenaikan namun tidak terlalu signifikan, tidak lebih dari 10%, itu masih dalam tahap kewajaran” akunya.

 

Namun anggota Dewan Komisi B, Hotib Marzuki mengatakan bahwa hal seperti itu seharusnya bisa ditanggulangi oleh pemerintah kabupaten.
“Ya mestinya hal seperti itu bisa lah ditanggulangi, kita ini kan pemerintahan, berarti kan sistem” ungkapnya.
Dirinya juga mempertanyakan prihal ketersediaan stok barang tersebut. Karena menurutnya apabila stok barang melimpah harga tidak akan mengalami kenaikan.
“Jauh kemungkinan harga akan naik jika memang stok nya berlimpah, pemerintah harus mencari tau itu penyebabnya apa sehingga ada kenaikan harga” imbuhnya seraya berjanji akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk mencari tau penyebab sekaligus solusinya agar harga bahan pokok yang mengalami kenaikan kembali normal.

Hasin, Mata Bangkalan

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional