Berita Utama

Hari Jadi Bangkalan, Bupati Ziarah ke Makam Kerajaan Islam Pertama di Pulau Madura

×

Hari Jadi Bangkalan, Bupati Ziarah ke Makam Kerajaan Islam Pertama di Pulau Madura

Sebarkan artikel ini
Hari Jadi Bangkalan, Bupati Ziarah ke Makam Kerajaan Islam Pertama di Pulau Madura

Matamaduranews.com -BANGKALAN-Dalam rangka hari jadi yang ke 487 kota Bangkalan, Pemerintah Kabupaten Bangkalan melakukan ziarah ke makam raja-raja Islam Madura Barat yang berada di Desa Plakaran Kecamatan Arosbaya Bangkalan, Selasa (23/10/18).

Tujuan ziarah kali ini diantaranya adalah makam Ki Demong yang berlokasi di Desa Plakaran dan makam Ki Pragalbo (Islam onggu’, red), Raden Pratanu, dan Raden Koro (Pangeran tengah, red) yang mana ketiganya berada di Desa makam Agung Arosbaya, Bangkalan.

Pada kunjungan tersebut Ra Latif bersama rombongan forkopimda Bangkalan melakulan doa tahlil dan prosesi tabur bunga di sekitar makam raja Islam pertama di Pulau Madura tersebut.

Ra Latif mengatakan bahwa rangkaian kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengenang leluhur yang mana menjadi sejarah terbentuknya kerajaan Islam di pulau Madura.

“Mengenang luluhur Madura yang mana leluhur Bangkalan juga yang merupakan cikal bakal sejarah berdirinya Kabupaten Bangkalan dari kerajaan di Arosbaya ini,” ucap Ra Latif serius.

Tidak hanya itu Ra Latif juga mengatakan bahwa pada tahun 2019 pemerintah daerah akan menganggarkan anggaran khusus untuk pemilharaan dan pelestarian beberapa situs budaya yg dimiliki oleh Bangkalan.

“2019 kami akan anggarkan untuk situs-situs budaya yang perlu dilestarikan, tidak hanya ini tapi juga yg lainnya,” lanjut Bupati Bangkalan yang belum satu bulan menjabat.

“Tidak hanya ini tapi juga yang lain seperti Bang Buta itu juga pagar kerajaan yang merupakan situs budaya yang juga harus dilestarikan,” papar Ra Latif menegaskan bahwa pemkab Bangkalan di bawah kepemimpinannya berupaya untuk memberikan perhatian khusus terhadap sejarah dan budaya yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Bangkalan.

Hasin, Mata Bangkalan

KPU Bangkalan