Nasional

Hari Pahlawan, Slamet Junaidi: Momentum Lanjutkan Perjuangan Bangsa dan Merawat Persatuan

×

Hari Pahlawan, Slamet Junaidi: Momentum Lanjutkan Perjuangan Bangsa dan Merawat Persatuan

Sebarkan artikel ini
Hari Pahlawan, Slamet Junaidi: Momentum Lanjutkan Perjuangan Bangsa dan Merawat Persatuan
Slamet Junaidi, Anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem asal Sampang, Madura. (Foto for Mata Madura)

MataMaduraNews.com – JAKARTA – Tepat di tanggal 10 November 2017 kemarin adalah Hari Pahlawan Nasional. Hari bersejarah di mana setiap tahunnya di Indonesia memperingati hari gugurnya pahlawan pada Pertempuran Surabaya yang terjadi di tahun 1945.

Anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem, Slamet Junaidi mengatakan, Hari Pahlawan seharusnya tidak hanya sekadar menjadi kegiatan seremonial yang diperingati setiap tahun. Akan tetapi, juga untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan.

”Sebuah ungkapan mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Ungkapan ini mengingatkan sekaligus mengajak kita untuk melanjutkan perjuangan dan cita-cita para pejuang kemerdekaan, para pahlawan bangsa,” kata Slamet di Jakarta, Jumat (10/11).

Pria kelahiran Sampang, Madura itu menegaskan, meski perjuangan kemerdekaan telah usai, namun pengayatan dan pengamalan nilai-nilai kepahlawanan tak pernah selesai. Pahlawan di masa lalu berjuang mengusir penjajah yang melakukan penindasan, tindakan sewenang-wenang, serta merampas sumber daya alam Indonesia.

”Saat ini, Indonesia sudah merdeka, sudah tidak ada penjajah dalam arti fisik. Namun, perjuangan belum selesai. Masih ada penjajahan dalam bentuk lain yang harus kita merdekakan,” ujar Slamet kepada MataMaduraNews.com.

Menurutnya, Indonesia membutuhkan sosok pahlawan yang berjuang untuk membebaskan kebodohan, kemiskinan, serta mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa. Terlebih, bangsa asing terus berupaya mengintervensi, memecah belah, dan merampas kekayaan alam Indonesia.

”Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini adalah buah perjuangan dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Cara kita untuk mensyukurinya, melanjutkan perjuangan, menjadi pahlawan untuk melawan kemiskinan, kebodohan, dan kemajuan bangsa,” terang Slamet.

Ditambahkan, dalam setiap perjuangan bangsa dan peradaban, biasanya terdapat tiga tahapan, yakni generasi pejuang, generasi pembangun, dan generasi penikmat kemerdekaan. Namun, Slamet berharap, tahapan perjuangan dan bangunan peradaban Indonesia tak pernah sampai pada generasi penikmat.

”Kita wajib bersyukur, tapi tak boleh puas. Biasanya, hancurnya sebuah peradaban disebabkan oleh generasi penikmat, generasi yang lupa akan cita-cita dan nilai luruh perjuangan bangsa. Indonesia lahir dengan cita-cita besar, diantaranya berperan aktif dalam menjaga ketertiban dan kedamaian dunia,” tandas Slamet.

Rilis/Mata Madura

KPU Bangkalan