Berita Utama

Hari Pertama UNBK SMA di Bangkalan, Banyak Masalah Yang Dihadapi

×

Hari Pertama UNBK SMA di Bangkalan, Banyak Masalah Yang Dihadapi

Sebarkan artikel ini
Hari Pertama UNBK SMA di Bangkalan, Banyak Masalah Yang Dihadapi
Suasana Hari Pertama UNBK SMA di Bangkalan foto: Agus, Mata Bangkalan
Suasana Hari Pertama UNBK SMA di Bangkalan foto: Agus, Mata Bangkalan
Suasana Hari Pertama UNBK SMA di Bangkalan
foto: Agus, Mata Bangkalan

MataMaduraNews.comBANGKALAN-Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dimulai hari ini, Senin (10/04). Banyak masalah-masalah yang dihadapi penyelenggara di hari pertama pelaksanaan UNBK SMA tersebut. Bahkan banyak SMA yang mengaku belum siap menggelar UNBK pertama SMA dengan alasan kurangnya sarana dan prasarana.

Seperti yang dikatakan oleh bagian Humas SMAN 2 Bangkalan R Yuhistira Ria bahwa pelaksanaan UNBK di SMA 2 yang baru pertama kali tersebut sebenarnya tidak siap secara sarana dan prasarana. Ia mengaku harus meminjam laptop dari siswa yang punya lapotop.

“Kami sampai mengumpulkan orang tua siswa untuk mejelaskan kelemahan kami dan mengharap solusi,” ujarnya saat ditemui MataMaduraNews.com, Senin (10/04/2017).

R Yuhistira menyebut SMA 2 mempunyai 54 perangkat komputer. Sedangkan peserta yang ikut UNBK sebanyak 353 siswa, dengan kebutuhan perangkat sekitar 150 komputer/laptop.

“Ya harus mencari pinjaman 100 laptop itu mas agar bisa bisa menggelar UNBK. Untungnya wali murid banyak yang mau meminjamkan,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Kepala SMAN 4 Bangkalan Ninik Djoerwartini. Dia mengatakan bahwa sebenarnya pihaknya belum siap untuk menggelar UNBK. Dengan UNBK kali pertama ini, ia mengaku harus mengeluarkan biaya sendiri dengan jumlah yang tidak sedikit.

“Kami hanya memiliki 15 komputer, sedangkan yang dibutuhkan 100 perangkat komputer, dan siswa yang punya laptop hanya 40 siswa. Ya terpaksa, sekolah beli komputer,” tuturnya.

Saat ditanya berapa anggaran yang harus dikeluarkan pihak sekolah untuk pelaksanaan UNBK, ia tidak bisa menjawab secara rinci dengan alasan rahasia pihak sekolah. “Ooo maaf mas kalau itu rahasia perusahaan yang jelas labih dari 100 juta,” pungkasnya.

Sementara itu, Humas Pemprov Jawa Timur Benny Sampir Wanto menjelaskan, pelaksanaan UNBK untuk SMA akan berjalan dengan lancar. Ia meyakini untuk masalah teknis deperti server dan listrik bisa ditangani dengan baik. “Orang tua siswa juga pasti sangat mendukung pelaksanaan UNBK SMA,” ujarnya saat dihubungi MataMaduraNews.com via telpon.

Dikatakannya, untuk masalah teknis seperti mati listrik, menurutnya setiap komputer mempunyai Uninterruptible Power Supply (UPS) yang berfungsi untuk menyediakan daya listrik cadangan bagi perangkat komputer.

“Selain itu pasti pihak sekolah sudah menyiapkan genset kan jadi tidak perlu khawatir,” pungkasnya.

Agus, Mata Bangkalan

KPU Bangkalan