Menu

History of the Arabs; Buku Pintar Mengenal Arab-Islam (1)

  Dibaca : 54 kali
History of the Arabs; Buku Pintar Mengenal Arab-Islam (1)
Link Banner

Kehadiran agama Islam dan kejayaan Islam hingga kemundurannya di tanah Arab tak lepas dari panorama sejarah yang mengesankan. Redaksi akan menurunkan karya Phillip K. Hitti secara bersambung.

matamaduranews.com-Selama sepuluh tahun Philip K. Hitti secara serius menghimpun data-data historis tentang Arab-Islam. Sebelum Islam lahir di tanah Arab, Philip K Hitti meneliti kondisi prasejarah bangsa Arab. Bagaimana kondisi geologi dan geografi tanah Arab.

Dalam amatan Hitti, bangsa Arab tidak mengenal tradisi tulis. Sehingga kesulitan melacak berbagai peristiwa sejarah Arab. Kendati demikian, Hitti memanfaatkan tradisi lisan dan jejak-jejak yang tergambar dalam berbagai artefak budaya. Seperti keping mata uang atau kaligrafi yang ditulis di atas peti mati. Hitti dengan cerdik memanfaatkan semua itu sebagai data-data historis yang penting.

Dari karya Hitti ini, sejarah bangsa Arab bisa terlukis besar. Bagaimana asal-usul bangsa Arab. Bagaimana kemunculan Baginda Rasul Muhammad SAW dan kelahiran Islam. Masa Khulafaur al-Rasyidin hingga penyebaran Islam yang menakjubkan yang melintasi Afrika Utara ke Semenanjung Liberia. Islam juga menyebar ke sebelah Barat mencapai daratan Pyerenes hingga Poitier di Prancis. Ke sebelah Utara mencapai Anatolia Bizantium dan ke Cina Barat di sebelah Timur.

Buku ini juga mengulas seputar pergantian penguasa yang berlangsung di dunia Arab-Islam. Seperti, kemunculan dan kejatuhan dua Khalifah utama bangsa Arab, yaitu Dinasti Umayyah (661-750 M) di Damaskus dan Dinasti Abbasiyah (750-1258 M) di Baghdad.

Fakta-fakta sejarah itu diulas secara objektif oleh Hitti. Baik prestasi dan kegagalan yang dicapai oleh berbagai dinasti Islam.

Kualitas karya Profesor Hitti ini dinilai sangat istimewa. New York Times memberi pujian atas buku ini karena kaya dengan rujukan pada sumber-sumber primer dan orisinal. Halaman demi halaman dinilai sarat dengan analisis historis yang tajam dan meyakinkan.

Tak mengherankan, buku setebal 900 halaman ini, diterbitkan puluhan kali dalam berbagai bahasa. Termasuk bahasa Arab, Spanyol, Urdu, Italia, Kroasia-Serbia, Polandia dan Indonesia.

1937, edisi pertama buku itu diterbitkan sebagai sebuah karya kesarjanaan Hitti yang sangat brilian. Bertahun tahun Hitti mengajar dan belajar di Columbia University, American University di Beirut dan Princeton University.

Bersambung…

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner
Link Banner Link Banner

Kategori Pilihan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional