Berita Utama

Jelang Pilkada, Camat Di Bangkalan Ikut Kumpulkan KTP, Benarkah?

×

Jelang Pilkada, Camat Di Bangkalan Ikut Kumpulkan KTP, Benarkah?

Sebarkan artikel ini
Jelang Pilkada, Camat Di Bangkalan Ikut Kumpulkan KTP, Benarkah?
Foto Ilustrasi. (foto, Google)
Foto Ilustrasi. (foto, Google)
Foto Ilustrasi.
(foto, Google)

MataMaduraNews.comBangkalan – Meskipun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan belum memulai tahapan Pilkada 2018, namun ternyata sudah mulai banyak bermunculan nama-nama bakal calon. Menariknya ada sebagian dari bakal calon yang akan mendaftar lewat jalur independen dengan syarat harus mengumpulkan KTP masyarakat sebanyak mungkin.

Untuk mewujudkan itu tentu saja bukan perkara yang mudah. Bahkan ada yang sampai mengambil jalan pintas dengan penggunaan kekuatan para tokoh seperti Camat.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Bangkalan Fatkhurrahman. Menurut pria yang akrab disapa Ji Kur itu berdasarkan laporan dari warga ada sebagian camat yang ikut andil dalam pengumpulan KTP sebagai syarat salah satu Bakal Calon Bupati. “Seharusnya kan camat tidak boleh melakukan itu,” ujarnya saat dimintai keterangan, Jumat (19/05/2017).

Jika seperti itu dikatakannya, para camat yang ikut mengumpulkan KTP sebagai syarat salah satu Bakal Calon telah terjun melakukan politic practice dan telah melanggar ketentuan. “PNS biasa saja tidak boleh berbuat seperti itu apalagi sekaliber Camat, itu menyalahi aturan,” imbuhnya.

Dijelaskannya, kelakuan Camat yang seperti itu sudah menjadi rahasia umum. Menurutnya semua masyarakat sebenarnya sudah banyak yang mengetahui hal tersebut. “Hanya saja mereka yang mengetahui itu masih takut semua untuk mengatakan. Para Camat itu telah mendapat instruksi” tegasnya.

Oleh karena itu ia meminta pihak Inspektorat untuk bertindak tegas karena camat yang seperti itu telah melanggar undang-undang dan ketentuan yang ada. “Mana ada undang-undang camat bisa ikut mengumpulkan KTP seperti itu, yang ada camat itu mengurus rakyat sebagai perwakilan bupati,” pungkasnya.

Menanggapi hal itu Koordinator Camat se Bangkalan Salman Hidayat membantah bahwa tidak ada camat di Kabupaten Bangkalan yang ikut mengumpulkan KTP untuk persyaratan salah satu Bakal Calon. “Itu tidak benar mas, kita tetap harus menjunjung netralitas,” ujarnya.

Ia juga mengaku tidak pernah mendapatkan instruksi dari siapun untuk mengumpulkan KTP. Meskipun ada lanjutnya, ia tidak akan melakukan itu karena bukan kapasitasnya. “Camat tidak bisa melakukan itu mas,” pungkasnya.

Agus, Mata Bangkalan.

KPU Bangkalan