Menu

Kades PAW Branta Tinggi Resmi Dilantik, Ini Pesan Wabup Pamekasan

  Dibaca : 111 kali
Kades PAW Branta Tinggi Resmi Dilantik, Ini Pesan Wabup Pamekasan
LANTIK: Wabup Pamekasan, Khalil Asy'ari menyematkan pin usai melantik Kades PAW Branta Tinggi, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan. (Foto Mata Madura)
Link Banner

MataMaduraNews.comPAMEKASAN–Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW) Branta Tinggi, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, resmi dilantik, Kamis (25/01/2018). Pelantikan Kades PAW terpilih bernama Moh Rofiqi tersebut, dilakukan Wakil Bupati Khalil Asy’ari di Pendopo Ronggosukowati.

Posisi Kades Branta Tinggi sebelumnya dijabat Abd Muniri, yang kini menjalani hukuman penjara di Lapas Kelas II A Pamekasan akibat kasus penyelewengan Beras Sejahtera (Rastra). Lantaran sisa masa jabatannya masih lebih satu tahun, maka dilakukan PAW berdasar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2015 dan Perpu Nomor 10 Tahun 2017 pada 08 Januari lalu.

Sebagai Kades baru, Rofiqi mendapat banyak pesan dari Wabup Kholil Asy’ari. Dalam sambutannya, Wabup meminta dia untuk selalu mengabdi dan menjaga amanat, serta kepercayaan masyarakat.

”Pelantikan berarti pemberian mandat, legalitas, pengakuan, dan kebaktian kewenangan kepada seseorang untuk memangku jabatan tertentu,” ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Pamekasan itu, menyebut Kepala Desa merupakan jabatan yang sangat strategis dalam menjalankan program-program pemerintah di masyarakat. Hal itu karena posisi Kades berada di tingkat paling dekat dengan rakyat, sehingga dituntut sesuai dengan pemahaman dan sudut pandang dari masyarakat

”Saya minta setelah pelantikan ini hendaknya saudara segera membenahi berbagai masalah di desa, baik sumber daya aparatur dan penerapan manajemen yang masih belum baik,” tegasnya.

Wabup juga mengingatkan bahwa Kades PAW hanya melanjutkan jabatan Kades lama. Namun, masa jabatan itu harus tetap dimaksimalkan, sehingga program yang sudah dicanangkan sebelumnya bisa diteruskan untuk diperbaiki dan diselesaikan.

”Masa jabatan Kades akan berakhir pada tahun 2019,” jelasnya.

Meski begitu, tugas Kades memang cukup berat. Namun Rofiqi tak perlu khawatir karena semua sudah diatur di dalam undang-undang.

”Dalam bekerja harus melibatkan semua perangkat Desa. Setiap pengambilan keputusan harus musyawarah, dan musyawarah itu harus dihidupkan kembali,” pesannya.

Pelantikan Rofiqi disaksikan langsung oleh warga Desa Branta Tinggi. Selain itu, pelantikan juga dihadiri Forkopimda, Ketua Komisi 1 DPRD, dan Forpimka Kabupaten Pamekasan.

Johar, Mata Madura

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
bprs-wtp-matamadura
opd-matamadura

Kategori Pilihan

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional