Menu

Kapal Terbakar di Perairan Masalembu, KPLP: Seluruh Penumpang dan ABK Selamat

Kapal Terbakar di Perairan Masalembu, KPLP: Seluruh Penumpang dan ABK Selamat
Petugas medis Masalembu memeriksa kesehatan sejumlah penumpang yang berhasil dievakuasi ke Kantor Pelabuhan Masalembu. (Foto for Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comJAKARTA-Keberadaan penumpang Kapal Santika Nusantara yang terbakar, Kamis malam (22/8) pukul 20.45 WIB di Perairan Laut Utara Pulau Masalembu, Sumenep, Madura, Jawa Timur mulai ada titik terang

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad dalam rilis ke sejumlah media, memastikan seluruh penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK)  KM Santika Nusantara, dipastikan selamat.

Terkait proses evakuasi penumpang, Ahmad menyebut sedang berlangsung finishing.

“Sisa penumpang di atas kapal sedang diturunkan ke sekoci,” jelas Ahmad, dalam rilis yang dikirim ke redaksi Mata Madura, Jumat siang (23/8/2019).

Ahmad mengaku sudah mengerahkan Kapal patroli KPLP, KNP. Chundamani dari pangkalan PLP Surabaya ke lokasi kejadian untuk membantu evakuasi.

Sementara itu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Masalembu, Tafikurrahman saat dihubungi Mata Madura, mengaku sedang bersama Muspika Masalembu bersiaga di Pelabuhan Masalembu.

Taufik-panggilan akrabnya, menyebut sudah ada Posko Penanganan Korban

“Di Pelabuhan Masalembu Pelabuhan sudah ada Poskonya, mas. Kami bersama Polsek, Koramil, Puskesmas dan SROP Masalembu sudah bersiaga. Di lokasi Posko juga tersedia bantuan mobil ambulance dan tenaga medisnya,” terang Taufikurrahman kepada Mata Madura via telpon, Jumat siang.

Ahmad menambahkan, api di Kapal KM Santika Nusantara sudah berhasil dipadamkan. Yang ada hanya tersisa  asap tebal.

“Mesin kapal sudah dimatikan total. Dan semua penumpang dan ABK selamat,” jelasnya.

Ahmad mengatakan, KM Santika Nusantara dengan GT. 12.968 mengangkut penumpang sebanyak 111 orang dan 84 unit kendaraan. Beberapa kapal yang melintas di lokasi tersebut, seperti KM. Dobonsolo, KM. Sinabung, KM. Swarna Bahtera, KM. Gading Nusantara dan KM. Mila Utama diminta untuk dapat membantu evakuasi para penumpang kapal KM. Santika Nusantara.

“Adapun informasi dari Automatic Identification System atau AIS Stasiun Radio Pantai (SROP) Masalembu dilaporkan ada 5 kapal yang mendekat ke lokasi kejadian yaitu KMP. Yaitu, Dharma Ferry, MV. Sumatra Leader, MV. Spil Citra, KM. Selatan Damai dan TB. Bintang Mutiara,” tambahnya.

Keadaan kapal Ro-Ro KM Santika Nusantara dengan rute Surabaya – Balikpapan ini dalam proses evakuasi.

Hambali Rasidi

Bagikan di sini!
KOMENTAR

1 Komentar

  1. JUHAMSYAH Sabtu, 24 Agustus 2019

Lowongan

Ra Fuad Amin

Kerapan Sapi

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Fans Page

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional