Menu

Kecamatan Saronggi Raih Juara I Lomba Masak Festival Kuliner Nusantara

  Dibaca : 458 kali
Kecamatan Saronggi Raih Juara I Lomba Masak Festival Kuliner Nusantara
DARI KIRI: Kepala UPT Dinas Pertanian Saronggi, Bambang; Ketua Gapoktan Saronggi, Musa; Sekcam (Plt Camat) Saronggi, Muh.Bahauddin, S.H., M.Hum dan dua orang pengurus Kelompok Tani. (Foto Yudie/Mata Madura)
Link Banner

MataMaduraNews.comSUMENEP-Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur sukses menyelenggarakan Festival Kuliner Nusantara selama dua hari, pada tanggal 14-15 Juli 2018 kemarin. Di salah satu kegiatan Visit Sumenep 2018 itu, Kecamatan Saronggi juga sukses meraih gelar juara pertama dalam Lomba Memasak.

Festival Kuliner Nusantara di Sumenep diikuti oleh puluhan pengusaha kuliner. Setiap kecamatan juga ikut serta berpartisipasi sebagai peserta dalam acara kuliner tersebut. Salah sataunya, dari Kecamatan Saronggi.

Nah, kecamatan yang berada di selatan Kota Sumenep tersebut tampil percaya diri dengan menggelar sejumlah produk unggulannya. Mulai dari Bebek Goreng Tamara, Soto Ayam Sabreng Bumbu Kacang, Es Cendol, hingga Es Jerman (Jeruk Manis). Selama festival kuliner berlangsung, stan Kecamatan Saronggi mencatat 230 kupon lebih habis terjual kepada hampir ribuan pengunjung yang dating dari dalam maupun luar kota Sumenep.

Salah satu kuliner unggulan yang paling diunggulkan dari stan Saronggi waktu itu adalah Bebek Tamara. Di mana, menurut Musa, perternak sekaligus Ketua Gapoktan di sana, Saronggi memang merupakan penghasil ternak bebek terbesar yang mampu mengirim keluar daerah dalam jumlah ratusan perhari.

Selain itu, masakan Soto Ayam Sabreng Bumbu Kacang yang unik juga jadi hasil produk olahan pertanian Kecamatan Saronggi yang diminati. Sebagai penghasil ketela pohon terbanyak, di sana banyak pula produsen camilan kripik singkong yang cukup terkenal sampai keluar daerah.

”Saya berterima kasih kepada Pemerintah Daerah Sumenep melalui Dinas Pertanian di Kecamatan Saronggi yang banyak membantu mengembangkan hasil petanian dan peternakan selama ini kepada Gapoktan Kecamatan Saronggi, sehingga dapat mendongkrak perekonomian petani setempat,” kata Musa, Senin (16/07/2018).

Dengan kekayaan hasil peternakan dan pertanian tersebut, tak ayal membuat semangat dan percaya diri tinggi Kecamatan Saronggi mendorong meraih prestasi. Kuliner Bebek Tamara berhasil menjadi Juara I Lomba Memasak yang hadiahnya diserahkan di malam kedua tepat penutupan Festival Kuliner Nusantara.

”Saya merasa bangga dengan hasil prestasi Juara I dari salah satu produk masakan Kecamatan Saronggi ini. Rencana saya akan memunculkan beberapa tempat kuliner Bebek Tamara ini di Saronggi yang akan berkoordinasi dengan Tim Kreativitas Saronggi,” tutur Muh. Bahauddin, S.H., M.Hum, Sekcam yang sekaligus Plt Camat Saronggi.

Yudie, Mata Madura

Link Banner
Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional