Menu

Kembangkan Potensi Santri Bangkalan, DPC PKB Bangkalan Gelar MKK

  Dibaca : 128 kali
Kembangkan Potensi Santri Bangkalan, DPC PKB Bangkalan Gelar MKK
Ra Mondir dan Ra Makki beserta para perwakilan santri dari masing pesantren. foto: Agus, Mata Bangkalan
Link Banner
Ra Mondir dan Ra Makki beserta para perwakilan santri dari masing pesantren. foto: Agus, Mata Bangkalan

Foto Bersama: Ra Mondir dan Ra Makki beserta para perwakilan santri dari masing pesantren usai pembukaan MKK.
foto: Agus, Mata Bangkalan

MataMaduraNews.com-BANGKALAN-Dalam rangka ikut mengembangkan potensi santri di Bangkalan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Bangkalan menggelar Musabaqah Tilawatil Kitab Kuning (MKK) di Graha PKB Bangkalan Jl. RE. Marthadinata, Jumat (14/04/2017).

MKK tersebut merupakan salah satu rangkaian acara PKB sabagai paratai yang lahir dari organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama (NU). Acara tersebut juga merupakan agenda tahunan yang digelar serentak di seluruh DPC PKB se Indonesia.

Ketua DPC PKB Bangkalan, Ra Mondir A Rofii mengatakan, DPC PKB Bangkalan dan Garda Bangsa sebagai tim pelaksana mengundang seluruh pesantren se Kabupaten Bangakala.

“Ini sudah menjadi agenda tahunan PKB se Indonesia untuk mengembangkan potensi santri yang ada di daerahnya masing-masing,” ujarnya saat memberikan sambutan di depan para perserta.

Dijelaskannya, acara tersebut juaga sebagai bentuk konsistensi PKB dalam menjaga tradisi dan khazanah keilmuan islam klasik yang sarat dengan nilai2 kebangsaan.

“Oleh karena itu PKB Bangkalan siap menjadi wadah bagi seluruh santri di bangkalan untuk mengembangkan kemampuan dan potensinya,” imbuh pria yang akrab disapa Ra Mondir itu.

Sementara itu KH. Ahmad Muzawwir selaku ketua Garda Bangsa Bangkalan mengatakan bahwa MKK tahun ini melombakan 2 kategori, yaitu baca kitab Fathul Qarib dan hafalan Nadhom Imrithi (junior/ula), kitab Ihya’ Ulumuddin dan hafalan Nadhom Alfiyah (Senior/Ulya).

“Jadi ada dua kategori, ada kategori junior atau yang biasa disebut kelas ula dan ada kategori senior atau ulya,” tutrnya saat dimintai keterangan.

Dijelaskannya, ada 40 peserta santri putera/puteri dari sekitar 25 pesantren yg ada di kabupaten bangkalan yang ikut MKK. Nantinya pemenang dari masing-masing kategori akan dikirim ke tingkat provinsi yang akan memperebutkan hadiah umroh dan uang pembinaan puluhan juta rupiah.

“Jadi hadiahnya tidak main-main nanti kalau menang ditingkat pusat,” pungkasnya.

Nampak hadir juga dalam acara pembukaan MKK, pengasuh pesantren se-bangkalan, juga wakil ketua PCNU Bangkalan KH. Makki Nasir yang sekaligus didaulat untuk membuka secara resmi lomba baca kitab kuning tersebut.

Agus, Mata Bangkalan

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
bprs-wtp-matamadura
opd-matamadura

Kategori Pilihan

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional