NasionalBerita Utama

Kemendes Berharap DD Fokus ke Pertanian

×

Kemendes Berharap DD Fokus ke Pertanian

Sebarkan artikel ini
Kemendes Berharap DD Fokus ke Pertanian
Eko Putro Sandjojo, Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi. (Foto Istimewa/Republika Online)
Eko Putro Sandjojo, Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi. (Foto Istimewa/Republika Online)
Eko Putro Sandjojo, Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi.
(Foto Istimewa/Republika Online)

MataMaduraNews.comJAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putra Sandjojo mengatakan dana desa tahun ini akan lebih difokuskan ke pertanian. Ini mengingat masih banyak masyarakat perdesaan yang mencari nafkah di bidang pertanian. “Sebagaimana diketahui, 85 persen desa kita ini banyak di pertanian,” ujar Eko saat dicegat di Istana Kepresidenan, Rabu, 29 Maret 2017.

Eko menambahkan, penggunaan dana desa di sektor pertanian akan diarahkan ke beberapa hal. Salah satunya peningkatan skala produksi dan peningkatan sarana pascapanen.

Peningkatan sarana pascapanen, kata Eko, untuk menjaga nilai komoditas tidak jatuh. Dengan begitu, petani bisa meraih sukses dan mengeruk profit dalam jumlah besar alias bankable.

Rencana lain adalah penggunaan dana desa untuk membentuk tempat penampungan air. Menurut Eko, Jokowi sudah memberi arahan agar 20 persen dari dana desa tahun ini disalurkan ke pembangunan tempat penampungan air.

”Embung itu juga bisa menjadi sarana perikanan darat karena 37 persen masyarakat kita menderita kekurangan gizi. Dengan itu, protein akan murah dan penyakit gizi anak bisa teratasi,” ujar Eko.

Eko menjanjikan ada insentif dari kementerian terkait bagi para petani. Misalnya, saat sebuah desa fokus di pertanian jagung, Kementerian Pertanian akan memberikan bibit pupuk, sarana produksinya, dan sarana panen pelengkap.

”Sehingga sektor pertanian tidak hanya memberikan pekerjaan, tapi juga mengembangkan industri pascapanen dan pergudangannya. Multiplier effect yang lebih besar,” kata Eko.

| sumber: tempo.co.

KPU Bangkalan