Menu

Komitmen Nurfitriana, Pemberdayaan Lansia di PKK Maksimal

  Dibaca : 221 kali
Komitmen Nurfitriana, Pemberdayaan Lansia di PKK Maksimal
Ketua TP PKK Sumenep, Nurfitriana Busyro Karim menyampaikan sambutan pada acara Lomba Cerdas Cermat Lansia di Gedung Korpri. (Foto Rusydiyono/Mata Madura)
Link Banner

MataMaduraNews.comSUMENEP-Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumenep menggelar Lomba Cerdas Cermat Kader Posyandu Lansia. Hal itu merupakan salah satu cara untuk memberikan pendampingan dan pengayoman yang maksimal kepada para Lansia.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Sumenep Nurfitriana Busyro Karim menyampaikan, setiap tahun kegiatan yang bersentuhan langsung dengan Lansia dilakukan termasuk, Cerdas Cermat Lansia. Alasannya, karena kaum lansia secara fisik dan psikis telah mengalami penurunan, sehingga mereka rentan mendapatkan penyakit fisik maupun gangguan psikologi.

“Karena itu, dibutuhkan pendampingan dan pembinaan yang baik, terutama dari orang-orang sekitarnya,” terang perempuan yang akrab disapa Bunda Fitri, Kamis (12/07/2018) di aula RRI Sumenep.

Selain hal tersebut, kata Bunda Fitri, hingga kini masih ada stigma negatif tentang kaum lansia, yakni menyusahkan, ribet dan menjadi beban. Makanya, PKK Sumenep terdorong untuk melakukan sesuatu yang sifatnya mengurangi anggapan negatif itu. Karena sesungguhnya kaum lansia masih bisa memberdayakan dirinya, dan tidak menjadi beban bagi orang lain.

Ketua TPP PKK Sumenep Nurfitriana Busyro Karim didampingi pengurus foto bersama dg para juara Lomba Cerdas Cermat Kader Posyandu Lansia. (Foto Rusydiyono/Mata Madura)

Dalam konteks hubungan sosial, lanjut Bunda Fitri, pembinaan dan acara semacam itu akan menjadi motivasi bagi kalangan lansia di Sumenep. Sebab pada hakikatnya mereka membutuhkan interaksi yang dinamis dan harmonis dengan sesamanya dalam menjalani kehidupan.

“Oleh karena itu, lomba cerdas cermat saat ini sesungguhnya bukan sekadar untuk mengadu para lansia guna meraih juara. Tetapi yang lebih penting sebagai sarana memberikan nuansa keceriaan dan jalinan silaturahim bagi para lansia di Kabupaten Sumenep,” ungkapnya.

Ke depan, Bunda Fitri mengajak seluruh pengurus PKK baik di tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa supaya memaksimalkan kegiatan yang sifatnya mendampingi, dan memberdayakan para Lansia.

“Saya juga berharap, kader Posyandu Lansia seperti ini terus dimaksimalkan dan dikembangkan dengan baik agar memberikan kemaslahatan bagi para lansia di Sumenep,” harapnya.

Rusydiyono, Mata Madura

Link Banner
Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional