Menu

KPUD Bangkalan Gelar Simulasi Pungut dan Hitung Suara Pilgub dan Pilbup 2018

  Dibaca : 176 kali
KPUD Bangkalan Gelar Simulasi Pungut dan Hitung Suara Pilgub dan Pilbup 2018
Kegiatan simulasi pungut dan hitung Pilgub dan Pilbub saat sedang berlangsung, (Foto: Istimewa/ Mata Madura)
Link Banner

MataMaduraNews.com -BANGKALAN- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bangkalan melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di halaman kantor KPUD Jumat (22/6/2018). Kegiatan Simulasi ini dilakukan dalam rangka untuk memantapkan tahapan pelaksanaan pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wakil Bupati Bangkalan 2018, yang akan digelar secara serentak pada tanggal 27 Juni 2018.

Seperti yang telah disampaikan oleh Mohammad Arbayanto, anggota Komisioner KPU Jawa Timur Divisi Teknis mengatakan bahwa KPU tidak ingin pelaksaan pesta demokrasi yang akan digelar beberapa hari kedepan terdapat masalah hanya karena adanya masyarakat yang belum mengetahui proses pemilihan dan penghitungan terutama panitia pelaksana yang merupakan ujung tombak dari pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Tujuan dari simulasi ini karena kami sebagai KPU tentunya tidak menginginkan proses-proses di TPS kedepan terganggu karena ketidak tahuan pemilih, ketidaktahuan steakholder dalam menggunakan hak pilihnya secara benar,” paparnya.

Arbayanto juga menambahkan bahwa pelaksanaan Pilkada ini adalah Pilkada yang administratif dan sangat prosedural sehingga seluruh tahapannya sampai pada detail-detail terkecil harus bisa dipertanggung jawabkan secara administratif oleh penyelenggara.

Selain itu Arbayanto mengatakan bahwa kegiatan simulasi ini selain sebagai kegiatan sosialisasi juga diharapkan bisa menjadi upaya antisipasi dini terhadap permasalahan yang bisa saja terjadi secara tiba-tiba di lapangan nantinya. “Simulasi ini selain untuk mensosialisasikan juga untuk memetakan persoalan-persoalan yang mungkin muncul pada saat tahapan pungut dan hitung,” tambahnya.

Tidak hanya itu, dirinya juga berharap agar seluruh penyelenggara agar tetap fokus dan bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. “Bagaimanapun penyelenggara pemilu harus fokus dan profesional dalam menjalankan tugas,” tutupnya.

Dalam kegiatan simulasi ini KPU melibatkan seluruh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang tersebar di 18 Kecamatan Termasuk juga anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta panitia pengawas pemilu. Mulai dari Bawaslu Kabupaten hingga Kecamatan serta disaksikan langsung oleh anggota Komisioner KPU Jawa Timur.

Hasin, Mata Bangkalan

 

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional