Menu

Lakukan Pendataan, Sebulan Ini Puskesmas Ganding Kover 14 Desa

  Dibaca : 367 kali
Lakukan Pendataan, Sebulan Ini Puskesmas Ganding Kover 14 Desa
Pendataan individu tiap keluarga untuk Program Keluarga Sehat Puskesmas Ganding, Sumenep. INSERT: Kepala Puskemas Ganding, dr. H. Jauhari, M.Si. (Foto for Mata Madura)
Link Banner

MataMaduraNews.comSUMENEP-Menindaklanjuti Program Keluarga Sehat (PKS) oleh Kementerian Kesehatan RI, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Ganding, Kabupaten Sumenep lakukan pendataan ke tiap rumah tangga. Hal tersebut disampaikan dr Jauhari pada Rabu (07/02/2018) lalu.

Kepala Puskesmas Ganding itu menjelaskan, PKS adalah program prioritas nasional Kemenkes berdasarkan visi-misi Presiden Jokowi sejak tahun 2016. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dengan menunjuk UPT Puskesmas di seluruh Indonesia sebagai tim pelaksana di setiap daerah.

”Melalui strategi pendekatan pelayanan terintegrasi antara Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) yang didasari data dan informasi profil kesehatan keluarga melalui kunjungan rumah, diharapkan kondisi kesehatan tiap individu dapat terpantau,” kata Jauhari.

Untuk memperoleh hasil maksimal, setiap tim sudah dibekali dengan pelatihan di pusat SDMK. Teknisnya di lapangan, tim dari puskesmas melakukan pendataan ke tiap rumah tangga untuk mendapatkan informasi permasalahan kesehatan berdasar 12 indikator.

”Yaitu, ikut KB, persalinan nakes, bayi IDL, ASI eksklusif, posyandu setiap bulan, TB paru, menderita hipertensi, terdapat ART gangguan jiwa, sarana air bersih, dan jamban keluarga, merokok, serta JKN (BPJS, dll, red),” papar Jauhari.

Selama sebulan ini, Puskesmas Ganding sudah melaksanakan pendataan untuk 14 desa dipimpin kepala puskesmas dengan dibantu 50 orang tenaga medis. Sebanyak 37 ribu lebih penduduk di Kecamatan Ganding menjadi target pendataan secara bertahap tersebut di 14 desa.

Menurut Jauhari, secara rutin setiap hari kunjungan tak hanya melakukan pendataan. Namun juga pengobatan gratis sampai pelaporan hasil pendataan ke provinsi secara online.

”Kami berharap agar pelaksanaan program Keluarga Sehat ini mampu mengatasi permasalahan kesehatan masyarakat dengan maksimal. Tentunya, kita bekerja haruslah didasari oleh kesadaran sebagai seorang abdi negara dalam melayani masyarakat walau dengan anggaran sekecil apapun,” ucap dokter yang menjabat Kepala Puskesmas Ganding selama 5 tahun itu.

Perlu diketahui, Puskesmas Ganding meraih nilai Madya dari hasil penilaian akreditasi  beberapa bulan lalu. Nilai tersebut cukup pantas karena memiliki fasilitas, sarana-prasarana yang lengkap, serta didukung kinerja yang bagus.

”Kami memiliki 3 orang dokter, 34 tenaga perawat, 41 bidan, 1 ass apoteker, 1 ahli gizi, 2 analis laborat, 1 petugas promkes, 9 staff ddmin, 3 cleaning service, dan 1 kesling,” kata Jauhari.

Yudie, Mata Madura | *

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner
Link Banner Link Banner

Kategori Pilihan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional