Menu

Lomba Balap Kuda Tradisional Khas Madura, Begini Sejarahnya

  Dibaca : 158 kali
Lomba Balap Kuda Tradisional Khas Madura, Begini Sejarahnya
Dua ekor kuda sedang bersiap untk berpacu, (Foto : Hasin/ Mata Madura)

MataMaduraNews.comBANGKALAN-Selain Karapan sapi ternyata Madura juga memiliki tradisi khas masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Bangkalan yang tidak kalah meriah yaitu ajang lomba balap Kuda Tradisional khas Pulau Madura. Ajang pagelaran lomba balap kuda traditional ini hanya ditemukan di pulau Madura karena berbeda dengan lomba pacuan kuda pada umunya.

“Letak perbedaannya karena orang madura senangnya yang lurus maka arena pacunya lurus seperti karapan sapi, selain itu jokinya tidak menggunakan pelana, ini tidak ditemukan didaerah lainnya selain di Madura, dan ini menunjukkan sifat dan karakter asli orang Madura yang berani” ucap R.H Moh Nasir Zaini selaku Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) Kabupaten Bangkalan, Minggu (01/07/2018).

Lomba balap kuda yang dilaksanakan di Lapangan Gunung Lumut Desa Jaddih Kecamatan Socah ini mendapat perhatian masyarakat dari berbagai daerah, baik yang merupakan warga desa setempat maupun dari luar daerah. Lomba balap kuda tradisional Bangkalan ini mulai di helat sejak 1985 dengan menggunakan trak lurus dengan dua hingga tiga penunggang. Pada mulanya agenda ini merupakan kegemaran dan hiburan masyarakat setempat yang kemudian mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Fathur Rozi, Selaku Ketua Pelaksana lomba balap kuda traditional mengatakan bahwa untuk saat ini di ikuti oleh 50 peserta lomba balap kuda dan dibagi menjadi dua (2) kategori, yakni kelas kuda A, dan B dengan memperebutkan tropi dan sejumlah uang pembinaan sebagai hadiah.
“untuk para pemenang tetap ada uang pembinaan, tapi itu tak seberapa penting jika dibandingkan dengan animo masyarakat dan silarurahmi antar penggemar pacuan kuda,” terang nya.

Lebih lanjut pria yang akrab di panggil Rosi tersebut menambahkan bahwa penghelatan lomba balap kuda yang berlangsung saat ini diselenggarakan dalam rangka ikut memeriahkan Hut Bayangkara Polres Bangkalan. (Has)

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional