LPM Unija Bekali Kader dengan PJTD

PELATIHAN: Suasana Diklat Jurnalistik LPM Maharaja Unija Sumenep. (Foto/Rez, Mata Madura)
PELATIHAN: Suasana Diklat Jurnalistik LPM Maharaja Unija Sumenep. (Foto/Rez, Mata Madura)

MataMaduraNews.comSUMENEP – Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam bidang jurnalistik, sebanyak 15 peserta kader yang tergabung dalam Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) MAHARAJA Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep ikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD), Jumat (13/10/2017).

Ketua panitia Ifan Pristiawan menyatakan, kegiatan pelatihan tersebut merupakan ajang pengenalan tentang dunia jurnalistik kepada para kader. Untuk itu, pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari hingga 15 Oktober nanti itu, diharapkan mampu melahirkan kader jurnalis yang ideal, kompetitif, kreatif dan informatif.

”Semua peserta yang hadir di sini adalah mereka yang belum banyak memahami tentang dunia tulis menulis, jadi harus diperkenalkan terlebih dahulu,” ujarnya kepada MataMaduraNews.com, Jumat (13/10) usai acara pembukaan.

Senada dengan Ifan, Ketua LPM MAHARAJA, Rifand NL. Anshory, juga mengungkapkan pelatihan dilaksanakan sebagai bekal kepada para kader untuk lebih dekat mengenal jurnalistik. Bahwa sebenarnya, jurnalistik itu menarik dengan kajian-kajian di dalamnya yang actual dan factual, dan seorang jurnalis harus kritis, skeptis, serta cepat bertindak sesuai dengan peran pers itu sendiri.

”Dan yang terpenting dalam pelatihan ini adalah follow up-nya, harus ada nilai tambah paling tidak perlu diterbitkannya buletin bulanan dan majalah kampus,” ujarnya.

Di hari pertama, kegiatan pelatihan dimulai dengan seremonial pembukaan yang dihadiri oleh perwakilan Presma Unija. Kemudian sebagaimana sudah terjadwal, materi pertama tentang Pengantar Jurnalistik diisi oleh pemateri A. Warits Jurnalis Mata Madura, dilanjutkan dengan materi Kode Etik Jurnalistik oleh Syamsuni, Pimpinan Redaksi Suluh Madura.

”Terakhir nanti Hidayatullah Wartawan Metro TV bakal mengisi materi tentang Teknik Penulisan Berita,” terang Ifan Pristiawan.

Rez, Mata Madura

One thought on “LPM Unija Bekali Kader dengan PJTD

Tinggalkan Balasan