Berita Utama

LSM Gaki Bakal Demo Panwaskab Sumenep

×

LSM Gaki Bakal Demo Panwaskab Sumenep

Sebarkan artikel ini
Farid Gaki
Ketua Gaki Jatim, Achmad Farid Azziyadi
Ketua LSM Gaki, Farid Zayyadi
Ketua LSM Gaki, Farid Zayyadi

MataMaduraNews.comSUMENEP-Entah apa yang menjadi pemikiran Ketua LSM Gaki, Ach. Farid Zayyadi yang berencana menggelar aksi demonstrasi ke kantor Panwaskab Sumenep.

Dalam rilis ke sejumlah media, Senin sore (23/10/2017), rencana demo itu terkait hasil pengumuman tiga aggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jatim.

“Saya melihat, rekrutmen Panwascam Sumenep sarat dengan titipan dan kepentingan,” terang Farid.

Farid menyebut, prediksi inisial yang bakal lulus jauh sebelum pengumuman hasil tes wawancara akhirnya menjadi kenyataan. “Utamanya yang dikecamatan Guluk-Guluk, di pemberitaan sebelumnya yang disampaikan IKA UINSA sangat sesuai dengan yang lulus sekarang. Faktanya yang lulus di Kecamatan Guluk-Guluk, berinisial MD dan SE,” sebutnya.

Lalu, Farid memberi testimoni saat dirinya mengikuti rangkaian test wawancara karena masuk enam besar.

“Ketika tes wawancara, tidak ada satupun dari ketiga komesioner yang menanyakan UU Pemilu sebagai materi wawancara. Yang ada hanya cerita-cerita. Bahkan ada salah satu komisioner tidak menanyakan apa-apa ke saya. Ini yang di Kecamatan Guluk-Guluk. Tidak tahu yang di kecamatan lain,” sambungnya memberi testimoni.

“Pertanyaanya, apa barometer Panwasakab untuk meloloskan peserta. Kalau tidak jelas, berarti itu sudah sangat jelas, kalau proses rekrutmen Panwascam di Sumenep sarat dengan kepentingan dan titipan,” tambahnya.

Karena itu, Farid berjanji tidak akan tinggal diam. “Saya akan lapor ke Bawaslu Jatim dan DKPP. Saya sedang mengumpulkan bukti-bukti dan mengajak peserta yang lain untuk bersikap. Dalam waktu dekat, saya bersama peserta yang tidak lolos, akan menggelar unjuk rasa ke kantor Panwaskab. Selain saya akan melapor ke DKPP dan Bawaslu Jatim,” ancam Farid.

Rusydiyono, Mata Madura

KPU Bangkalan