Menu

Menanti Identitas Kecamatan Rubaru, Sumenep

  Dibaca : 518 kali
Menanti Identitas Kecamatan Rubaru, Sumenep
Arif Susanto, Camat Rubaru, Kabupaten Sumenep. Dok. Mata Madura.
Link Banner
Arif Susanto, Camat Rubaru, Kabupaten Sumenep. Dok. Mata Madura.

Arif Susanto, Camat Rubaru, Kabupaten Sumenep.
Dok. Mata Madura.

MataMaduraNews.com – SUMENEP – Setiap daerah seyogianya memiliki ciri khas masing-masing yang bisa menjadi identitas popular di mata publik. Begitu juga dengan Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep yang akan disulap dalam tangan dingin Camat Arif Susanto. Camat baru yang dilantik belum genap 1 tahun memimpin Rubaru itu, tengah melakukan banyak kreasi.

Sejak di Rubaru, pria kelahiran Tuban tersebut memulai dengan selalu mengawal musyawarah dusun (Musdus) dan musyawarah desa (Musdes). Hal itu merupakan langkah untuk menyatukan misi dalam proses pembangunan identitas Kecamatan yang dipimpinnya sejak tahun 2017 ini. Tentu, controlling tersebut dimaksudkan agar proyeksi ADD dan DD bisa sesuai dengan target.

Hal yang terpenting, Camat Arif berharap kepala desa (Kades) yang berada di Kecamatan Rubaru mampu memanfaatkan anggaran untuk mengedukasi masyarakat. Sebab, kebanyakan daerah hanya mementingkan infrastruktur semata tanpa ada pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) agar lebih mandiri.

”Jalan terus, jembatan terus, coba pembangunan masyarakat agar lebih mandiri,” kata Arif, saat ditemui Mata Madura di rumahnya, 14 November lalu.

Ia menilai, jika masyarakat sudah lebih mandiri, maka kesejahteraan mereka juga akan lebih terjamin. Kemudian, alokasi anggaran bisa diarahkan ke pengembangan, seperti infrastruktur yang mendukung.

Upaya membangun identitas juga dilakukan melaui produk. Camat Arif berkomitmen memunculkan produk-produk unggulan di setiap desa di Rubaru. Pria berusia 42 tahun itu, akan mengalokasikan anggaran untuk mengolah hasil pertanian dan perkebunan untuk diproduksi. Ia mencontohkan buah kedongdong yang bisa dibuat selai di Desa Pakondang.

Wardi, Mata Sumenep | Syahid, Mata Madura

Link Banner
Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional