Menu

Mendekati 17 Agustus, Paskibaraka Sumenep Latihan di Halaman Pemkab

Mendekati 17 Agustus, Paskibaraka Sumenep Latihan di Halaman Pemkab
Anggota Paskibraka Sumenep Tahun 2019 sedang latihan di halaman Pemkab Sumenep. (Foto Wardi/Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-Mendekati tanggal 17 Agustus, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mulai berlatih di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sumenep.

Sebelumnya, pasukan pengibar bendera yang akan bertugas pada Upacara Kemerdekaan RI di halaman Pemkab Sumenep itu telah dilatih dan dibina di lapangan luar Gelanggang Olah Raga (GOR) A. Yani Sumenep.

Kabid Pemuda Olahraga Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Moh. Iksan menjelaskan, anggota Paskibraka tingkat Kabupaten Sumenep itu dilatih dan dibina oleh anggota TNI dan Polri Sumenep.

“Anggota Paskibra tingkat Kabupaten Sumenep tahun ini mencapai 74 orang. Mereka sudah menjalani latihan dan pembinaan sejak bulan April lalu,” ungkap Moh. Iksan, Sabtu (03/08/2019).

Anggota Paskibra itu, lanjut Iksan, dipilih melalui seleksi yang dilakukan oleh tim ke sekolah-sekolah di Kabupaten Sumenep. Baik sekolah di wilayah daratan maupun sekolah yang berada di wilayah kepulauan.

“Mereka berasal dari SMA, SMK, dan Aliyah negeri maupun swasta. Dari kepulauan juga ada, seperti dari Masalembu, Arjasa dan Sapeken,” tuturnya.

Iksan menyebut anggota Paskibraka Sumenep itu merupakan siswa-siswi pilihan. Mereka merupakan peserta lolos seleksi yang memenuhi sejumlah kriteria yang ditetapkan.

“Bagi pria minimal memiliki tinggi 165 cm dan untuk putri 155 cm. Mereka juga harus memiliki keseimbangan postur tubuh antara barat dan tinggi, punya bakat, dan kondisi kesehatannya baik,” jelas dia.

Bahkan, sambung mantan Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan itu, kesungguhan dan IQ (intelligence quotient) mereka juga menjadi tolok ukur dan pertimbangan agar lolos menjadi anggota Paskibraka.

“Saat ini, mereka pagi dan sore digembleng oleh TNI, Polri dan didampingi Purna Paskibra tahun sebelumnya. Latihan akan berlangsung sampai satu hari jelang hari kemerdekaan, 17 Agustus. Dan alhamdulillah tidak ada yang mengundurkan diri. Semuanya siap,” pungkas Iksan.

Wardi, Mata Madura

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Lowongan

Ra Fuad Amin

Kerapan Sapi

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Fans Page

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional