Menu

Mengenal Desa Penghasil Durian di Kecamatan Kokop Bangkalan

  Dibaca : 644 kali
Mengenal Desa Penghasil Durian di Kecamatan Kokop Bangkalan
Tomin (topi merah) warga Desa Amparaan saat mendapat kunjungan dari Ketua PAC PDI Perjuangan Kec. Kokop Bangkalan
Link Banner

MataMaduraNews.com-BANGKALAN-Dusun Terosan, Desa Amparaan, Kecamatan Kokop memiliki daya tarik tersendiri. Pasalnya, daerah tersebut terkenal sebagai daerah penghasil buah durian dengan kualitas cukup baik.

Pada saat musim buah tiba, banyak masyarakat dari luar desa tersebut berdatangan untuk sekedar mengobati rasa penasaran terhadap buah durian khas Desa Amparaan. Kholis, salah satu warga yang mengaku dari Kecamatan Kamal Bangkalan yang kebetulan ada di lokasi mengatakan, dirinya jauh-jauh datang bersama rombongan ke desa tersebut hanya untuk merasakan durian khas Desa Amparaan.

“Iya, Mas, saya penasaran dan ternyata memang enak,” papar pria yang mengaku pecinta durian tersebut, Kamis (25/01/2018).

Tomin, warga desa setempat yang kebetulan memiliki 8 pohon durian mengaku senang dan bersyukur karena musim panen kali ini lumayan berlimpah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Alhamdulilah, Mas, rezeki harus disyukuri. Kebetulan banyak yang suka durian sini, katanya rasanya khas,” papar pria setengah baya yang terlihat bahagia karena berlimpah rezeki dari penjualan buah durian di kebunnya.

Kepala Desa Amparaan Zainullah mengakui panen raya kali ini memang menjadi berkah tersendiri bagi warga Desa Amparaan, khususnya Dusun Terosan yang memiliki pohon durian.

“Alhamdulilah panen raya kali ini sangat melimpah,” ujar Zainullah.

Ia mengungkapkan, sudah turun temurun Desa Amparaan menjadi Desa Wisata bagi pecinta buah durian pada saat musim buah tiba.

“Sudah secara alamiah Desa Amparaan menjadi desa wisata buah durian. Pada saat musim seperti sekarang banyak dari daerah lain, bahkan ada yang dari Surabaya datang ke sini untuk makan durian,” ucapnya.

Zainullah juga sudah mengupayakan jalan akses baru menuju lokasi dusun yang terkenal dengan buah duriah tersebut.

“Saya sudah membangun jalan akses baru karena selama ini hanya jalan ini yang menjadi akses satu-satunya,” imbuhnya.

Selain itu, pria yang murah senyum tersebut berharap masyarakat desa yang dipimpinnya bisa berinovasi dan memunculkan produk olahan berbahan dasar buah durian.

“Saya berharap nanti masyarakat bisa mengolah buah durian tersebut menjadi makanan olahan berbahan dasar buah durian yang bisa menjadi produk andalan desa, sehingga menambah penghasilan masyarakat dan masyarakat Desa Amparaan tambah sejahtera,” pungkasnya.

Ada berbagai macam jenis durian yang tumbuh di Desa Amparaan. Namun yang menjadi unggulan dan terkenal yaitu durian jenis Cangkelek dan durian Bandeng, karena memiliki tekstur dan rasa yang berbeda dan unggul dibanding jenis-jenis buah durian lainnya.

Hasin, Mata Bangkalan

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional