Menu

Mudik Tahun Ini, Ada Tambahan Operasional Kapal Rede dari Kemenhub

Mudik Tahun Ini, Ada Tambahan Operasional Kapal Rede dari Kemenhub
Pemeriksaan Mudik Tahun Ini, Ada Tambahan Operasional Kapal Rede dari Kemenhub. (Foto/MC)
Link Banner

matamaduranews.com-SUMENEP-Kementerian Perhubungan RI menyerahkan dua Kapal Rede kepada PT. Pelni untuk dioperasikan ke wilayah kepulauan di Kabupaten Sumenep. Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menyatakan, hal itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan transportasi laut di gugusan pulau kabupaten ujung Timur nusa Garam, khususnya jelang lebaran tahun ini.

“Kami memberikan tambahan operasional kapal itu untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat saat mudik Lebaran tahun ini, karena menurut keterangan Bupati, masyarakat Sumenep yang berada di luar daerah sekitar 350 ribu orang,” kata Menteri Budi di sela-sela Penyerahan Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 92 dan Penyerahan Operasional dua Kapal Rede secara simbolis di Terminal Penumpang PT. Pelindo III Pelabuhan Kalianget,  Minggu (12/05/2019).

Budi menambahkan, rencananya kapal Rede Ganda Nusantara 01 dan 02 akan beroperasi di jalur Sapeken dan Sapudi yang dikelola oleh PT. Pelni. Untuk itu dalam rangka mengantisipasi banyaknya pemudik Lebaran hendaknya pelabuhan di Kalianget menyediakan tenda guna menampung penumpang yang tidak terangkut kapal.

“Satu tenda di pelabuhan itu bisa menampung 500 orang, sehingga apabila ada penumpang yang tidak terangkut kapal, untuk sementara waktu menunggu di tenda sampai pemberangkatan kapal berikutnya,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, manakala di pelabuhan ada tenda untuk menampung para penumpang jika kapal sudah penuh, tentu saja warga tidak berebutan naik ke kapal sehingga kapal laut tidak kelebihan muatan.

“Pengalaman saya di Samarinda dimana banyak orang ingin pulang kampung yang tidak terangkut kapal mereka menunggu di tenda. Seandainya saja di pelabuhan itu tidak ada tenda yang jelas mereka memaksa untuk naik ke kapal,” tandasnya.

Di samping itu, yang jelas untuk meningkatkan kualitas pelayanan transportasi laut di Kabupaten Sumenep, menurut Menhub selain menambah operasional dua Kapal Rede, juga diprogramkan ada tambahan Kapal Roro.

“Untuk Kapal Rede itu dikelola PT. Pelni sedangkan tambahan Kapal Roro dikelola oleh ASDP,” tutupnya.

Dalam acara itu, hadir pula Menteri Kesehatan, Nila Djuwita F. Moeloek untuk menyerahkan secara simbolis buku kesehatan dan Emergency Kit kepada PT. Pelni didampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Sumenep, KH. A. Busyro Karim.

Setelah melakukan penyerahan kapal secara simbolis, mereka lantas memeriksa kelaikan Kapal Perintis Sabuk Nusantara 92 sebelum berangkat dari Pelabuhan Kalianget menuju Masalembu.

Rusydiyono, Mata Madura

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Link Banner
Link Banner

Catatan

Opini dan Resensi

Fans Page

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional