Musdes Montorna Sumenep, Bentuk Tim RKPDES

MENUJU KEMAJUAN: Musdes Montorna, Kecamatan Pasongsongan, Sumenep, Selasa (29/08). (Foto Mizan for Mata Madura)
MENUJU KEMAJUAN: Musdes Montorna, Kecamatan Pasongsongan, Sumenep, Selasa (29/08).
(Foto Mizan for Mata Madura)

MataMaduraNews.comSUMENEP – Musyawarah Desa (Musdes) Montorna, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep berlangsung hari ini, Selasa (29/08/2017). Musdes membahas penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDES) tahun 2018 sekaligus membentuk tim RKPDES yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa Montorna, Nurhadi.

Musdes diikuti oleh segenap perangkat desa, perwakilan setiap dusun, perwakilan PKK, dan pemuda desa. Hadir pula Camat Pasongsongan Ach. Dzulkarnain dan anggota Forkopimcam, serta perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep dalam pembentukan RKPDES demi kemajuan Desa Montorna itu.

“Pihak kecamatan memang memprogramkan musyawarah tiap desa yang dimulai dari Desa Montorna. Hal ini sudah menjadi program prioritas kecamatan,” ujar Camat Dzul, panggilan Camat Pasongsongan.

Mantan Camat Kangayan itu menjelaskan, pembangunan desa harus direncanakan terlebih dahulu. Tujuannya, agar tidak ada ketimpangan dalam perencanaan yang dibutuhkan oleh tiap dusun.

“Anggaran alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD) untuk tahun 2018 akan bertambah demi menyongsong nawa cita presiden ‘Membangun dari Pinggiran’,” katanya, menambahkan.

Nurhadi selaku Kepala Desa Montorna mengamini apa yang dijelaskan Camat Dzul. Menurutnya, untuk menggunakan dana desa (DD) memang harus ada perencanaan terlebih dahulu.

“Apalagi ini sudah menjadi program Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dan program pemerintah pusat,” kata Nurhadi.

Dari Musdes itu, telah disepakati 11 orang sebagai tim dalam RKPDES tahun 2018. Ke depan, pihaknya, berkomitmen menyusus RKPDES sebaik-baiknya demi kamajuan Desa Montorna.

“Dari 11 orang yang tergabung menjadi tim dalam RKPDES ini, akan saya kumpulkan lagi untuk membahas apa-apa yang diinginkan warga,” pungkasnya.

Reporter: Mizan | Editor: Rafiqi, Mata Madura

Tinggalkan Balasan