ORMABA STIT Al Karimiyyah, Kenalkan Literasi pada Maba

Pembukaan ORMABA STIT Al Karimiyyah 2017, Senin (14/08). (Foto Zubaidah/LPM for Mata Madura)
Pembukaan ORMABA STIT Al Karimiyyah 2017, Senin (14/08).
(Foto Zubaidah/LPM for Mata Madura)

MataMaduraNews.comSUMENEP – Orientasi Mahasiswa Baru (ORMABA) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al Karimiyyah Beraji, Gapura, Sumenep, dimulai Senin (14/08/2017). Kali ini, panitia mengangkat literasi untuk dikenalkan pertama pada 90 mahasiswa baru (Maba) sebagai tema ORMABA.

Ketua Panitia ORMABA 2017, Ach. Fauzi mengaku, tema tersebut diambil karena sejumlah alasan. Yang paling mendasar adalah kondisi karut marutnya organisasi yang kian hari makin memprihatinkan.

“Makanya kami mengambil tema ‘Mengembangkan Budaya Literasi Melalui Organisasi Berlandaskan Aswaja’,” ujarnya saat ditemui MataMaduraNews.com di sekretariat panitia.

Ditanya soal hubungan literasi guna perbaikan kondisi organisasi, Fauzi, panggilannya, tidak terlalu bisa menjelaskan. Hanya saja, gerakan literasi dipercaya mampu menghidupkan organisasi dengan baik melalui kader-kader dari Maba nanti.

Setidaknya, selain bertujuan mengenalkan dan membekali mahasiswa baru tentang seluk beluk perkualiahan dan profil Kampus STIT Al Karimiyyah, ORMABA diharapkan berhasil menanamkan budaya literasi. Yang demikan, memiliki target khusus agar untuk pengembangannya, Maba dapat tertarik menjadi kader untuk berproses dalam sejumlah organisasi.

Soal tema itu, Presiden Mahasiswa (Presma) BEM STIT Al Karimiyyah, Misno membenarkan tujuannya. Aktivis PMII tersebut menyatakan, hanya melalui gerakan literasi yang menjadi programnya, organisasi diyakini dapat berjaya kembali di kampus STIT Al Karimiyyah.

“Nanti mereka akan diberikan materi bagaimana literasi menjadi bagian dari organisasi. Misalnya seperti di PI (UKM Pengembangan Intelektual), mereka kan akan melakukan banyak diskusi. Sehingga, literasi menjadi penting untuk materi mereka diskusi,” katanya, menjelaskan.

Karena itu, Misno berharap semua Maba bisa serius mengikuti ORMABA hingga berakhir di tanggal 16 Agustus nanti. Sebab, ORMABA merupakan ajang perkenalan Maba terhadap dunia kampus.

“Agar mereka bisa berproses dengan baik di kampus sesuai dengan visi misi dan motto STIT Al Karimiyyah,” tandas Misno.

Rafiqi, Mata Madura

Tinggalkan Balasan