Menu

OSCAR: Bukan Penghargaan Film, Ini Berlangsung di MTs. Nurul Anwar

  Dibaca : 183 kali
OSCAR: Bukan Penghargaan Film, Ini Berlangsung di MTs. Nurul Anwar
CHECK IN PESERTA: Dua di antara empat kelompok Orientasi Cinta Nurul Anwar (OSCAR) MTs. Nurul Anwar Andulang, Gapura, Sumenep saat check in peserta di halaman madrasah. (Foto Nur Khalis for Mata Madura)
Link Banner

MataMaduraNews.comSUMENEP-Jika mendengar OSCAR, maka kata itu lazim merujuk pada dua hal.

Pertama, Academy Award atau penghargaan film Amerika untuk menghargai karya dalam industri film sejak 16 Mei 1928. Kedua, merupakan judul sebuah film animasi kartun non verbal yaitu Oscar’s Oasis yang episode perdananya tayang pada 04 September 2010.

Namun, OSCAR yang satu ini sama sekali bukan keduanya. Melainkan singkatan dari Orientasi Cinta Nurul Anwar, istilah khusus masa orientasi siswa baru (MOSBA) di Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Nurul Anwar di Desa Andulang, Kecamatan Gapura.

Ketua Panitia OSCAR Tahun Pelajaran 2018/2019, Mahalli menyatakan, istilah OSCAR merupakan sumbangsih pemikiran dari mantan Kepala MTs. NURA, Taufiq. Sedangkan maksud daripada istilah yang baru digunakan tersebut, ia mengaku Taufiq yang lebih tahu.

“Kami ingin ada kekhasan untuk menyebut masa orientasi siswa baru di MTs. NURA ini. Selain memang tujuan daripada orientasi yang kami laksanakan adalah untuk mengarahkan dan menumbuhkan siswa kepada Nurul Anwar, lebih dari sekadar pengenalan,” tuturnya, Sabtu (14/07/2018) usai menutup kegiatan di hari pertama.

OSCAR MTs. Nurul Anwar tahun ini diikuti sebanyak 25 siswa dan dibagi jadi 4 kelompok. Jumlah tersebut, kata Mahalli, merupakan akumulasi dari 16 orang siswa kelas VII dan 9 orang dari kelas VIII.

“Kami memang tidak melaksanakan orientasi setiap tahun pelajaran, karena kadang siswa baru hanya sedikit. Biar lebih ramai dan seru, menunggu kelas baru tahun depannya,” tambah Nur Khalis, S.Pd, Kepala MTs. NURA yang baru diangkat beberapa waktu lalu.

KOLASE: K. Zawawi Jamal, saat menyampaikan sambutan pada pembukaan OSCAR MTs. Nurul Anwar, Sabtu (14/07). (Foto Ibnu Aqil for Mata Madura)

Seperti dijelaskan Mahalli, OSCAR MTs. Nurul Anwar itu dijadwalkan berlangsung selama 3 hari. Dimulai hari ini, Sabtu (24/07) dengan agenda Pembukaan, Pengenalan Madrasah, dan Kesiswaan.

Kemudian dilanjutkan besok, Ahad (15/07) dengan agenda Pengenalan Kurikulum & KBM, Pengenalan Keorganisasian, dan Uji Kreativitas. Hingga berakhir pada Senin (16/07) dengan agenda Pendalaman Materi, Uji Nyali, Jelajah Alam, Penampilan, dan Closing Ceremony.

“Di setiap materi, para peserta diminta membuat resume untuk nanti dipresentasikan. Itu biar mereka belajar menulis dan latihan tampil di depan publik. Di antara berbagai materi juga ada fun game untuk refreshing dan melatih mental,” imbuh Mahalli.

Untuk Panitia, OSCAR 2018/2019, pihak Madrasah melibatkan siswa kelas akhir dan para alumni yang masih muda. Bahkan selain guru, pemateri juga ada dari para alumni.

“Kami senang mereka terlibat. Itu jadi salah satu cara¬†alumni menunjukkan bhakti pada almamaternya,” ujar Nur Khalis, Kepala Madrasah yang juga alumni MI dan MTs. Nurul Anwar.

Ia berharap, pelaksanaan OSCAR selama tiga hari berlangsung lancar. Kemudian hasil akhirnya, panitia dapat memberikan penilaian tentang siswa baru sebagai rekomendasi untuk jadi pijakan pengembangan siswa ke depan.

Rafiqi, Mata Madura

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner
Link Banner Link Banner

Kategori Pilihan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional