Pemuda Desa Jaddung Bentuk Koperasi Sejahtera

×

Pemuda Desa Jaddung Bentuk Koperasi Sejahtera

Sebarkan artikel ini
Proses pembangunan gedung Koperasi Pemuda Sejahtera Bersama (KPSB) di Desa Jaddung, Kec. Pragaan, Sumenep.
Proses pembangunan gedung Koperasi Pemuda Sejahtera Bersama (KPSB) di Desa Jaddung, Kec. Pragaan, Sumenep.

MataMaduraNews.com, SUMENEP – Sejumlah pemuda Desa Jaddung, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, rupanya memiliki perhatian khusus terhadap kondisi perekonomian desa mereka. Terbukti, para pemuda tersebut kini membentuk sebuah koperasi yang diberi nama Koperasi Pemuda Sejahtera Bersama atau disingkat KPSB.

Koperasi tersebut tak lain dibentuk agar menjadi wadah bagi pemuda untuk mengembangkan perekonomian di tingkat desa. Sehingga mereka tidak hanya terkesan hura-hura, dan memiliki kegiatan yang positif. Secara historis, KPSB sendiri sudah didirikan pada bulan Agustus 2015 dan kini telah memiliki anggota mencapai 100 orang.

Ketua KPSB Syafi`ie mengatakan, para pemuda dalam kelompoknya memang memiliki kepedulian terhadap ekonomi masyarakat desa. Menurutnya, sudah saatnya pemuda bersatu, agar masyarakat desa tidak selalu dijadikan kambing hitam. Apalagi, koperasi yang dipelopori oleh pemuda desa itu, sudah legal dan diakui oleh pemerintah. Hal tersebut tentu memicu para pemuda yang tergabung dalam KPSB menjadi sangat antusias dan yakin perjuangan mereka akan memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Dalam kegiatan bulanan, KPSB memiliki agenda rutin penarikan simpanan wajib kepada seluruh anggota, dilanjutkan pembacaan Rotibul Haddad secara bersama. Kami yakin berjuang dan berdoa akan memudahkan niat baik ini,” kata Syafi`ie, kepada matasumenep.com, Jumat (29/04).

Senada dengan Syafi’ie, Bendahara KPSB M. Mahdi menegaskan bahwa terbentuknya KPSB agar pemuda dan masyarakat desa memiliki kemandirian ekonomi, sehingga tidak selalu memiliki ketergantungan kepada orang lain.

Meski terbilang baru seusia jagung, lanjut Mahdi, tahun ini KPSB mulai berbenah untuk memberikan manfaat kepada anggota, khususnya masyarakat umum, dengan membuat toko koperasi, sehingga anggota KPSB maupun masyarakat menjadi mudah untuk berbelanja.

Bahkan, pembangunan pertokoan yang digagas pemuda desa tersebut kini terus mendapat dukungan dari semua lapisan masyarakat. ”Saya bangga terhadap pemuda yang memiliki inovasi serta memikirkan perekonomian rakyat kecil seperti ini,” ujar Syahrudin, kepada Mata Madura.

Tidak hanya pertokoan sebagaimana dalam proses pembangunan, sektor pertanian di Desa Jaddung dan Kecamatan Pragaan secara umum juga menjadi target besar KPSB. Selama ini mereka menilai sektor pertanian kurang dipedulikan, padahal memiliki peluang yang cukup prospek. Makanya dengan hanya sedikit sentuhan inovasi di tangan pemuda, hemat mereka, masyarakat akan memiliki keilmuan dalam menghasilkan produk pertanian yang istimewa.

Karena itu, kata Mahdi, pengurus KPSB yakin jika pemuda dan masyarakat bersatu dan bekerja sama, apa yang menjadi cita-cita besar bangsa ini akan tercapai. Dengan memiliki sumber daya manusia (SDM) memadai, mulai dari sarjana pertanian, perekonomian, perdagangan dan pendidikan seperti yang ada dalam tubuh KPSB, pihaknya percaya lima tahun mendatang masyarakat desa akan memiliki kemandirian ekonomi yang luar biasa.

Sementara itu, ditemui di tempat terpisah Camat Pragaan R. Abd. Halim, sangat mengapresiasi terhadap keberanian pemuda yang ikut serta memikirkan kondisi perekonomian di tingkat desa. Menurut Pak Halim, sebagai aset Negara sudah saatnya pemuda berada di garda depan.

“Saya sangat mendukung terbentuknya koperasi pemuda tersebut,” katanya, mengakhiri wawancara. (mhd/yon/rfq)

KPU Bangkalan