Menu

Peresmian Pasar Empu Kelleng Desa Pademawu Barat Disambut Antusiasme Masyarakat

  Dibaca : 198 kali
Peresmian Pasar Empu Kelleng Desa Pademawu Barat Disambut Antusiasme Masyarakat
Suasana Peresmian Pasar Empu Kelleng Desa Pademawu Barat, Kecamatan Pademawu, Pamekasan. (Foto Basri/Mata Madura)
Link Banner

MataMaduraNews.comPAMEKASAN-Kepala Desa Pademawu Barat, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Madura, Jawa Timur H Yusuf Ihwani, meresmikan pasar desa setempat, Minggu (04/03/2018).

Pembukaan pasar bernama ‘Empu Kelleng’ itu, disambut antusiasme masyarakat dan para pedagang. Sehingga, suasana peresmian menjadi ramai dan meriah tak terelakkan.

H Yusuf Ihwani menerangkan, adanya pasar desa tersebut merupakan hal yang sangat diidam-idamkan oleh pemerintah desa. Begitupula dengan masyarakat yang menginginkan untuk memiliki pasar desa sendiri berikut badan usaha milik desa.

“Dan nantinya ini diharapkan menjadi acuan badan usaha milik desa (BUMDes) lainnya,” katanya saat sambutan.

BACA JUGA: Car Free Day Pamekasan, Jadi Pilihan Favorit Warga Nikmati Weekend

Diceritakan, pasar ‘Empu Kelleng’ terwujud berkat adanya kerja sama aparat desa dan BPD Desa Pademawu Barat yang berupaya mengajukan permohonan bantuan kepada wakil rakyat di Provinsi Jawa Timur.

“Alhamdulillah, Pademawu Barat mendapatkan program (bantuan) tersebut,” kata H Yusuf, bersyukur.

Tercatat, pada tahun 2016 Pemdes Pademawu Barat mengajukan batuan pasar melalui dana APBD. Sedangkan pada tahun 2018 pembangunan Pasar Desa Pademawu Barat sudah terealisasi, walau masih butuh penyempurnaan.

“Pasar Empu Kelleng Pademawu Barat menyediakan tempat sebanyak lima los dan pengisian ruko dilakukan secara pendaftaran. Semuanya sudah terisi oleh pedagang yang berdomisili di Desa Pademawu,” terang H Yusuf.

“Adanya Pasar Empu Kelleng ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan membuka lapangan kerja masyarakat,” imbuhnya.

BACA JUGA: DPRD Pamekasan Tegur Disperindag Soal Anggaran Sidak

Sementara itu, Ketua BPD Pademawu Barat, Mohammad Sahrul yang juga ikut mensukseskan peresemian, memaparkan bahwa pengoperasian Pasar Empu Kelleng itu perlu terus dievaluasi. Pihaknya bersama aparat desa ke depan akan memikirkan kemajuan pasar dengan melibatkan orang-orang yang sudah kompeten di bidangnya.

“Dan kami pihak desa akan selalu melakukan evaluasi demi kemajuan dan perkembangan perekonomian masyarakat pademawu barat,” tuturnya.

Saat ini, fasilitas Pasar Empu Kelleng sudah cukup lengkap. Ada toilet umum, penerangan dan juga lahan parkir yang cukup luas. Letak pasar yang berada di tengah -tengah desa dan jalan raya juga mampu memberikan daya tarik bagi masyarakat Pademawu Barat maupun dari luar desa.

Salah seorang pedagang dan pembeli kios yang ditemui MataMaduraNews.com, menyatakan begitu sangat senang dengan peresmian pasar desa itu.

“Pembagunan pasar ini sangat membatu terhadap saya, menambah pendapatan sehari-hari saya,” katanya di sela-sela peresmian.

BACA JUGA:
Sementara, Pasar Batang-Batang Buka Tiap Selasa
Pedagang Sapi Minta Pemerintah Hidupkan Pasar Hewan Batang-Batang

Begitupula diungkapkan pedagang lain bernama Ibu Suhai.

“Pasar ini sangat memudahkan saya, sehingga saya dapat berjualan tidak perlu keliling lagi,” tuturnya.

Sedangkan menurut dua pembeli di Pasar Empu Kelleng, adanya pasar desa itu sangat mempermudahkan mereka dalam berbelanja.

“Saya tidak perlu jauh-jauh ke pasar (lain) untuk membeli keperluan sehari hari,” ujar Ibu Radiya yang dibenarkan Ibu Hafsah.

Basri, Mata Madura

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner
Link Banner Link Banner

Kategori Pilihan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional