Menu

Permainan Lokal Pondasi Penguatan Karakter

  Dibaca : 133 kali
Permainan Lokal Pondasi Penguatan Karakter
Bupati Busyro Karim melihat Ketua TP PKK Nurfitriana asyik bermain Dhako (Congklak) di SarKampong, Batuan, Sumenep. (Foto Rusydiyono/Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur gelar Lomba Berbasis Lokal. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan penguatan pendidikan karakter, khususnya di kabupaten ujung timur Pulau Madura.

Kegiatan yang bertempat di SarKampong Kecamatan Batuan itu digelar tadi pagi, Kamis (13/12/2018) dengan peserta mulai dari TK, SD, sampai SMP. Di antara lombanya, ada Amaen Leker (Kelereng), Tenjhak (Engrang), Dhako (Congklak) dan Bekelan.

Ada juga Salodur (Gobak Sodor), dan mini karapan sapi yang disebut Rap-Kerabban dalam bahasa Madura. Ditambah lagi dengan lomba pidato bahasa Madura khusus guru SMP, dan mendongeng dengan berbahasa Madura pula.

“Sebagai sarana pembelajaran bagi kita semua dan sebagai wujud penguatan pendidikan karakter di Kabupaten Sumenep,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sumenep H. A. Shadik ketika sambutan.

Sementara itu, Bupati KH A. Busyro Karim mengaku sangat apresiatif dengan ide dan gagasan Dinas Pendidikan Sumenep untuk terus memelihara permainan-permainan lokal.

“Setiap anak harus diberi penguatan tentang kearifan lokal,” ucap Bupati Busyro.

Ke depan, lanjut Bupati dua periode itu, permainan-permainan tradisional harus terus dilestarikan. Apalagi, saat ini anak-anak terus digempur dengan berbagai macam teknologi.

“Jangan biarkan anak-anak selalu main game dan pegang HP,” pesannya.

Rusydiyono, Mata Madura

Link Banner
Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional