Menu

Pilkada Sampang Coblos Ulang, Berikut Kecurangan versi MK

  Dibaca : 784 kali
Pilkada Sampang Coblos Ulang, Berikut Kecurangan versi MK
Tiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sampang menunjukkan nomor urut saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Nomor Urut Pilkada Sampang 2018, Selasa (13/02). (Foto Kirom/Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.com-SAMPANG-Sengketa Pilkada Sampang, Madura, Jatim, yang berujung ke Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya diputus coblos ulang alias Pemungutan Suara Ulang (PSU)  di sejumlah TPS yang DPT (Daftar Pemilih Tetap) telah diperbaiki.

MK memerintah KPU  Sampang untuk melaksanakan PSU  paling lama 60 hari terhitung sejak keputusan MK diucapkan, Rabu (5/9/2018) jam 3 sore.

MK menilai pemohon telah memenuhi ketentuan Pasal 158 ayat (2) UU 10/2016 juncto Pasal 7 ayat (2) huruf c PMK 5/2017. Dimana selisih perolehan suara antara pasangan calon (peraih suara
terbanyak) sebesar 257.121 dan pemohon sebesar 252.676 suara hanya 0,66% atau kurang dari 1% selisih suara

Selain itu, Putusan Nomor 38/PHP.BUP-XVI/2018 MK ini, diambil karena pelaksanaan  Pilkada Sampang 2018 ditemukan banyak pelanggaran sebagaimana yang diajukan pemohon (Paslon No 2; Hermanto Subaidi dan Suparto).

Dalam amar putusan MK itu, pelanggaran meliputi, Pertama, partisipasi pemilih berjumlah 100% yang tersebar di sejumlah TPS dan desa.  Padahal dalam DPT itu, ada pemilih yang sudah mati, pemilih yang domisili di luar dan pemilih yang tidak diberi formulir C6. Anehnya, kertas suara 100% tercoblos.

Kedua, DPT ganda dalam satu TPS, tapi juga tercoblos. Ketiga, surat suara yang digunakan antara Pemilihan Bupati Sampang dengan suara pemilihan Gubernur Jawa Timur tidak sama.

Keempat, penyelenggara tidak netral alias penyelenggara berpihak kepada Pasangan Calon Nomor Urut 1 (Slamet Junaidi dan Abdullah Hidayat)

Soal Partisipasi pemilih 100%, pemohon merinci secara detail, lengkap dengan angka-angka per TPS. Seperti, di Kecamatan Ketapang. TPS di Desa Ketapang Barat dan TPS di Desa Ketapang Daya, pemilih hadir 100%. Di luar Paslon 1, hanya  dapat 1 atau 2 suara.

Berikut Tabel nya;

TPS di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang

TPS di Desa Ketapang Barat, Kecamatan Ketapang

Kirom, Mata Sampang

Link Banner
Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional