Berita Utama

Polres Bangkalan Larang Siswa Sekolah Gunakan Sepeda Motor. Ini Respon Kepala Sekolah

×

Polres Bangkalan Larang Siswa Sekolah Gunakan Sepeda Motor. Ini Respon Kepala Sekolah

Sebarkan artikel ini
Polres Bangkalan Larang Siswa Sekolah Gunakan Sepeda Motor. Ini Respon Kepala Sekolah
Polres Bangkalan melarang siswa SMP/SMA mengendarai sepeda motor. foto: http://simbokvenus.com
Polres Bangkalan melarang siswa SMP/SMA mengendarai sepeda motor. foto: http://simbokvenus.com
Polres Bangkalan melarang siswa SMP/SMA mengendarai sepeda motor.
foto: http://simbokvenus.com

MataMaduraNews.comBANGKALAN-Surat edaran Polres Bangkalan kepada semua sekolah SMP dan SMA se Kabupaten Bangkalan tentang larangan siswa menggunakan sepeda motor mendapat tanggapan beragam dari para Kepala Sekolah (Kasek).

Kasatlantas Polres Bangkalan AKP Inggit Prasetiyanto menjelaskan rujukan utama dikeluarkannya surat edaran itu karena data laka lantas yang melibatkan anak di bawah umur semakin meningkat. Maka dari itu pihaknya melarang siswa sekolah yang belum memenuhi syarat mengendarai sepeda motor. “Kalau terjadi kecelakaan siapa yang mau tanggung jawab? Dari pada membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya kan mending dilarang,” ujarnya saat dihubungi MataMaduraNews.com.

Kepala sekolah SMAN 1 Kamal RA. Roosdiantini mengatakan bahwa untuk saat ini sepeda motor adalah alat transportasi utama bagi siswa SMA. Malah menurutnya rata-rata dari SMAN 1 Kamal mengendarai sepeda motor ketika berangkat sekolah. Ia beranggapan dengan dilarangnya siswa mengendarai sepeda motor akan mengganggu kondusifitas belajar mengejar.

“Dari yang biasanya pakai sepeda motor datang tepat waktu, nanti kalau dilarang bisa saja mereka datang terlambat,” ujarnya saat dimintai keterangan MataMaduraNews.com.

Meskipun demikian ia akan segera membicarakan masalah tersebut kepada pihak-pihak terkait, seperti kepada para guru dan juga akan meminta pendapat dari sebagian siswa. Ia juga akan mempertimbangkan surat edaran tersebut. “Kalau memang pihak kepolisian punya pertimbangan demi keselamatan kita akan coba menerapkan, tapi kalau ternyata tidak efektif ya harus cari solusi lain,” imbuhnya.

Sementara itu ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Bangkalan Edy Haryadi mendukung larangan siswa sekolah mengendari sepeda motor. Karena menurutnya siswa yang belum cukup umur memang belum boleh mengendarai sepeda motor. “Di sekolah saya malah sudah dari lama siswa dilarang menggunakan sepeda motor,” terangnya.

Karena itu, Kepala SMPN 2 Bangkalan ini menyarankan kepada pihak kepolisian untuk mengkaji ulang larangan tersebut. Karena lanjutnya banyak sekolah yang di pelosok memiliki siswa yang rumahnya jauh dari sekolah dan tidak ada kendaraan umum.

“Kalau di daerah kota saya sangat mendukung, tapi kalau di desa-desa rumahnya jauh tidak ada angkot masak mau jalan kaki kan kasihan,” pungkasnya.

Agus, Mata Bangkalan

KPU Bangkalan