Menu

Puncak Perkemahan Muharram, Ponpes Zainur Ridla Sapudi Sumenep Santuni Anak Yatim

  Dibaca : 103 kali
Puncak Perkemahan Muharram, Ponpes Zainur Ridla Sapudi Sumenep Santuni Anak Yatim
Puncak Perkemahan Muharram 1440 H, Ponpes Zainur Ridla Sapudi Sumenep Santuni Anak Yatim. (Foto for Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-Pondok Pesantren Zainur Ridla Kecamatan Nonggunong, Sumenep, Madura, Jawa Timur menyerahkan santunan kepada sejumlah anak yatim yang tersebar di 18 desa se Pulau Sapudi, Rabu (19/09/2018) lalu.

Santunan tersebut dilakukan pada penutupan kegiatan Perkemahan Muharram 1440 H yang berlangsung di Buper Lapangan  Sepak Bola Desa Sonok, Kecamatan Nonggunong, Sapudi, itu diserahkan langsung oleh KH Abd Karim.

Ketika menyerahkan santunan, pengasuh Ponpes Zainur Ridla yang juga Rois Syuriah MWC NU Nonggunong itu, melakukannya sambil membelai anak yatim dengan penuh kasih sayang.

Malam puncak Perkemahan Muharaam 1440 H di Ponpes Zainur Ridla didahului dengan doa dan tahlil bersama dalam rangka 10 muharram yang dipimpin langsung oleh KH Abd Karim. Kemudian dalam sambutannya, Kiai Karim berpesan kepada lapisan masyarakat mengenai hikmah dari Peringatan Bulan Hijriyah sebagai bulannya orang Islam.

“Banyak kejadian yang terjadi di bulan ini, salah satunya Allah SWT menciptakan langit bumi, Nur Muhammad, dan lainnya pada 10 Muharram. Begitu juga hikmah yang terkandung di dalamnya yaitu, menyantuni anak yatim, berpuasa, memotong kuku, dan lainnya,” ungkap Kiai Karim.

Sebagai umat Islam, menurutnya, wajib memperingati tahunnya sendiri yaitu Tahun Hijriyah. Di mana tahun Hijriyah merupakan tahun pindahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.

Sementara terkait santunan, Koordinator Acara, Zahratul Aini, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sudah menjadi program tahunan ponpes Zainur Ridla. Mewakili pesantren, pihaknya bersyukur santunan anak yatim tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah tahun ini kami bisa menyantuni sekitar 75 anak yatim se Pulau Sapudi. Yang tahun-tahun sebelumnya hanya se-Kecamatan Nonggunong, tapi tahun ini sampai Kecamatan Gayam. Semoga tahun depan juga terlaksana, mohon kerja samanya,’ harapnya.

Hingga berakhir, acara tersebut berjalan dengan lancar. Penampilan seni oleh Sanggar Teater Yayasan  Zainur Ridla dengan judul ‘Janji Seorang Pemimpin’ jadi penutup acara yang cukup menghibur.

Farouq, Kontributor Mata Madura

Link Banner
Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner

Jejak Ulama

Kategori Pilihan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional