Menu

Puskesmas Batuan Sumenep, Termuda dan Berkualitas

  Dibaca : 258 kali
Puskesmas Batuan Sumenep, Termuda dan Berkualitas
Kantor UPT Puskesmas Batuan. (Foto Yudik Mata Madura)
Kantor UPT Puskesmas Batuan. (Foto Yudik Mata Madura)

Kantor UPT Puskesmas Batuan. (Foto Yudik Mata Madura)

MataMaduraNews.comSUMENEP – UPT Puskesmas Kecamatan Batuan merupakan salah satu puskesmas termuda dari 27 kecamatan di Kabupaten Sumenep. Meski begitu, soal kualitas dari UPT Pusat Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan di Kecamatan Batuan itu tak dapat diragukan.

Sejak berdiri pada tahun 2009, puskesmas tersebut melaju dengan cepat melalui proses berbenah diri secara disiplin disertai konsekwensi yang tinggi dan upaya memberikan mutu pelayanan terbaik yang diimbangi dengan sarana prasarana yang lengkap pula. Terbukti, di bawah kepemimpinan Desi Febriana sejak Januari 2017, UPT Puskesmas Batuan berhasil terakreditasi dengan katagori nilai yang cukup baik pada bulan Mei 2017 lalu.

Tanpa harus menafikan peran sejumlah pihak terkait sejak awal, UPT Puskesmas Batuan di masa Desi-panggilannya, memang langsung meraih prestasi cemerlang. Hal itu, tentu tak lepas dari model dan strategi kepemimpinan yang ia terapkan mendapat respon yang baik dari semua elemen puskesmas dan masyarakat.

”Sistem kerja saya tak lepas dari 4 poin yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengawasan, dan Evaluasi. Walaupun nilai akreditasi kemarin belum mencapai target yang diharapkan, tetapi itu akan menjadi motivasi bagi kami untuk lebih maju dalam segala bidang,” ujarnya saat ditemui Mata Madura, Jumat, 22 Septembar lalu.

Kepala UPT Puskemas Batuan, Desi Febriana. (Foto Yudik Mata Madura)

Kepala UPT Puskemas Batuan, Desi Febriana. (Foto Yudik Mata Madura)

Sebagai pimpinan, Desi sudah berhasil membawa Puskesmas Batuan meraih beberapa prestasi sejak menjabat Plt Kepala Puskesmas pada 27 Agustus 2015. Di antaranya, meraih penghargaan sebagai Puskesmas dengan Inovasi Bidang Kesmas Terbaik Tahun 2016 dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, dan meraih penghargaan dari Bupati Sumenep sebagi Juara Harapan 3 pada Evaluasi Kinerja Aparatur di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep Tahun 2016.

”Kami tak lupa pula sampaikan terima kasih banyak atas kerja samanya kepada pihak dinas terkait melalui lintas sektornya, juga kepada Forum Komunikasi Masyarakat Batuan Peduli Kesehatan (FORKOMBALIKES), serta seluruh jajaran perangkat staf Puskesmas Batuan yang telah banyak membantu pencapaian prestasi kerja kami,” tutur Desi dengan raut wajah ceria.

Memang, Puskemas Batuan berbeda dengan puskemas lainnya. Ia memiliki forum yang mendukung dari masyarakat yang menamakan diri sebagai Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Batuan (FORKOMBALIKES). FORKOMBALIKES sendiri adalah sebuah lembaga yang berdiri atas kesadaran masyarakat Batuan serta difasilitasi oleh Puskesmas Batuan sebagai wadah aspirasi masyarakat terkait masalah pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya pelayanan persalinan ibu hamil. Forum tersebut, kata Desi, berjalan sejak 2008 lalu dan beranggotakan tujuh tokoh masyarakat mewakili dari tujuh desa di kecamatan tersebut.

”Segala bentuk pengaduan masalah pelayanan Puskesmas Batuan, masyarakat bisa mengadu kepada Forum ini secara tertulis,” terang Desi.

| yudik/rafiqi/*

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner Link Banner

Kategori Pilihan

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional