Menu

Relawan DKR Belajar Berbicara, Untuk Apa?

  Dibaca : 88 kali
Relawan DKR Belajar Berbicara, Untuk Apa?
Para relawan saat sedang mengikuti materi pelatihan di aula kantor DKR Bangkalan, (Foto: Hasin)
Link Banner

Matamaduranews.comBANGKALAN– Untuk meningkatkan kemampuan relawan dalam melakukan pendampingan terhadap masyarakat miskin yang sedang sakit, Dewan Kesehatan Rakyat(DKR) Bangkalan memberikan pelatihan serta pembekalan pengetahuan dasar pendampingan kepada puluhan relawan Jum’at (28/08/18) di kantor DKR yang berada di Jl KH. Moh. Cholil Gg VII no 17 A Bangkalan.

Menurut Ketua DKR Bangkalan Muhyi, dalam kegiatan tersebut relawan diberikan pengetahun tentang bagaimana menjadi relawan yang baik, mulai dari berprilaku, bertutur kata, sampai dengan mencarikan solusi ketika menemukan permasalahan pada saat sedang melakukan pendampingan.

“Dalam pelatihan ini relawan diberikan pengetahuan dasar pendampingan terutama tentang etika menjadi relawan, seperti cara berbicara yang baik, karena di lapangan mereka akan berhadapan langsung dan bertemu dengan berbagai macam karakter dan pemangku kebijakan,” ucapnya menjelaskan inti pokok pelatihan yang dilakukan pada saat itu.

Baginya, menjadi relawan di DKR tidak mudah karena memiliki tugas untuk mengedukasi masyarakat agar dapat memahami program pemerintah tentang pelayanan masyarakat miskin yang sakit, juga harus melakukan advokasi atau pengawalan terhadap pelaksana kebijakan yang terkadang sering abai terhadap hak-hak orang miskin yang sakit.

“Tugas relawan DKR tidak mudah, selain harus memberikan pemahaman kepada masyarakat miskin, kami juga harus mengawal mereka untuk memastikan mereka terlayani dengan benar dan mendapatkan hak-haknya sebagai warga miskin yang sakit,” tuturnya menyampaikan keluh kesah proses pendampingan yang menjadi tugasnya.

Muhyi berharap melalui pelatihan ini, anggotanya bisa lebih semangat, lebih baik lagi kedepannya untuk melakukan tugas yang mulia ini.

“Kami berharap setelah mendapatkan pelatihan, mereka (relawan, red) akan lebih semangat lagi, akan lebih baik lagi, sehingga lebih banyak lagi melakukan pendampingan agar mereka yang miskin dan sakit bisa dijamin, apalagi dalam bekerja mereka tidak mendapatkan bayaran, ya semangat dan jiwa sosial nya harus didorong terus, jangan sampai loyo, InsaAllah pelatihan seperti ini akan terus dilakukan secara terus menerus, sebagai media belajar kami Bersama,” pungkasnya dengan penuh harapan teman-teman sesama relawan DKR bisa terus semangat tanpa mengenal Lelah untuk terus berbuat kebaikan.

Hasin, Mata Bangkalan

 

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!
Link Banner
Link Banner
Link Banner Link Banner

Kategori Pilihan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional